Cegah Corona, Ribuan WNI Asal Meranti ODR Covid


riaupotenza.com
WNI dilakukan penyemprotan disinfektan secara bergantian sepulang dari Malaysia.

MERANTI (Riaupotenza.com) - Sebanyak 1.642 warga negara Indonesia (WNI) asal Kabupaten Kepulauan Meranti secara otomatis masuk dalam data ODR (orang dalam resiko) Covid-19.

Selanjutnya, mereka akan dipantau oleh tim kesehatan Gugus Tugas Covid-19 Kepulauan Meranti. ''ODR adalah orang yang baru pulang dari daerah yang lebih tinggi tingkat risiko penularan Covid-19, seperti Batam, Malaysia dan Singapura,'' ungkap Jubir Gugus Tugas Covid-19, M Fahri MKes, kemarin.

Nantinya, sebanyak 1.642 orang tersebut akan mendapat pemantauan dari petugas kesehatan selama 14 hari kedepan, baik dari petugas kesehatan tingkat Desa, Kecamatan dan Kabupaten.

''Mereka kita himbau untuk tetap dirumah, dan jangan banyak berinteraksi  dilingkungan nya selama 14 hari kedepan,'' ujarnya.

Sementara untuk data ODP (orang dalam pemantauan) kata Fahri, di Kabupaten Kepulauan Meranti ada sebanyak 77 orang.

''ODP ini ditetapkan kepada orang datang dari luar seperti Kepri, Singapura atau Malaysia yang mempunyai salah satu gejala seperti batuk atau demam,'' bebernya.

Untuk data PDP lanjut Fahri, hanya tinggal Satu orang pasien Suspect Covid-19 yang telah dikirim ke Rumah Sakit rujukan  di Kota Dumai.

''Positif atau Negatif belum kita ketahui,  masih menunggu hasil uji laboratorium dari pusat, dan satu lagi pasien Suspect yang di rujuk ke Rumah Sakit Pekanbaru dinyatakan Negatif dari Covid-19,'' pungkasnya. dham