DPRD Bengkalis Ajak Masyarakat Bersatu dan Bersama Tangkal Virus Corona


riaupotenza.com
Ketua DPRD Bengkalis H Khairul Umam Lc ME Sy saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Komisi di DPRD Bengkalis dalam rangka berkoordinasi dengan gugus tugas percepatan penanggulangan penyebaran Covid-19, di Gedung DPRD Bengkalis, Selasa (24/3/2020).

BENGKALIS (Riaupotenza.com) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkalis menggelar rapat koordinasi (Rakor) gugus tugas percepatan penanggulangan penyebaran Covid-19, Selasa (24/3/2020).

Rakor tersebut berlangsung di ruang Rapat Paripurna DPRD Bengkalis Lantai II, berlangsung pada pukul 14.30 WIB. Rakor tersebut dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis H Khairul Umam Lc ME Sy dan seluruh anggota lintas komisi di DPRD Kabupaten Bengkalis.

Sedangkan dari eksekutif, turut dihadiri Plh Bupati Bengkalis H Bustami HY dan sejumlah undangan dari kepala Perangkat Daerah (PD) terkait, serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Bengkalis diantaranya Kapolres Bengkalis AKBP Sigit Adiwuryanto SIK MH, Kepala KPPBC Bengkalis Tipe Madya A Ony Ipmawan dan sejumlah stakeholder dari Dinas Kesehatan (Diskes) Bengkalis dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bengkalis.

Dalam rakor tersebut, Ketua DPRD Bengkalis Khairul Umam dan seluruh anggota DPRD Bengkalis mempertanyakan, sejauh mana kondisi terakhir penanganan Covid-19 melalui gugus tugas yang telah di SK kan tersebut.

Sebelumnya, Khairul Umam menyampaikan, jika DPRD Kabupaten Bengkalis juga merasakan kondisi yang hari ini Indonesia umumnya dan Bengkalis pada khususnya turut menjadi daerah pandemi yang menjadi penyebaran virus Covid-19. 

Sehingga dalam penganganan wabah Covid-19 ini, DPRD Bengkalis turut mengambil langkah sesuai dengan Intruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2020 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) serta Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) sebagai turunannya.

Khairul Umam dalam rakor tersebut turut menyampaikan sejumlah imbauan, yang nantinya disampaikan kepada masyarakat. Imbauan pertama yaitu, agar masyarakat tetap tenang jangan resah dan tidak menyebarkan berita-berita yang belum tentu kebenaranya.

Kemudian, imbauan kedua, sambungnya, masyarakat diimbau untuk tetap melakukan prilaku hidup bersih dan sehat yaitu dengan melakukan cuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktifitas.

Selanjutnya, ketiga adalah terus menjaga kesehatan dengan perbanyak makan buah dan sayur. Keempat, jaga kesehatan yaitu rajin olahraga dan aktifitas fisik dan Kelima, kalau sakit segera periksa ke fasilitas kesehatan.

Senada diutarakan Sekretaris Komisi IV DPRD Kabupaten Bengkalis Irmi Syakip Arsalan, menyikapi wabah Covid-19 ini, ia meminta dipertegas tentang keterlibatan atau arahan kerja yang melibatkan unsure penyelenggara pemerintah desa. 

Selain itu, sambung Irmi Syakip, keterlibatan atau arahan ini juga perlu disampaikan kepada perangkat desa dari jenjang paling rendah, mulai dari RT, RW dan kepala dusun.

Kemudian lagi, perlunya dilakukan pengawasan di jalur lintas atau transportasi mulai dari pelabuhan Roro serta melakukan pemantauan agar Orang Dalam Pengawasan (ODP) benar-benar bisa dikenali.

''Diimbau juga agar seluruh kecamatan dan desa melaksanakan penyemprotan disinfektan secara merata dan tidak hanya secara simbolis, namun benar-benar serius dalam penanganan wabah Covid-19 ini,'' ujar Irmi Syakip Arsalan.

Plh Bupati Sampaikan Kondisi Penanganan Covid-19

Dalam Rakor lintas komisi di DPRD Kabupaten Bengkalis. Pelaksana Tugas (Plh) Bupati Bengkalis H Bustami HY menyampaikan terimakasih atas dukungan DPRD Bengkalis, yang telah mau bersama-sama bersinergi dalam penangananan wabah virus Corona.

Terkait penanganan penyebaran virus Corona ini, Pemkab