Cegah Virus Covid-19, Di Pelabuhan Kuala Kampar Suhu Tubuh Penumpang Diperiksa


riaupotenza.com
Seluruh penumpang yang melalui pelabuhan Kuala Kampar di Teluk Dalam diperiksa suhu tubuh antisipasi penyebaran corona virus.

KUALAKAMPAR (Riaupotenza.com) - Sebagai upaya pencegahan menyebarnya Virus Covid-19 di Kuala Kampar Kabupaten Pelalawan, setiap penumpang transportasi sungai, baik keberangkatan mau kedatangan dilakukan pengecekan suhu tubuh. 

Menurut Camat Kuala Kampar Tengku Syafril SIP MSi, Selasa (24/3/2020) kegiatan ini ditaja Pemerintah Kecamatan Kuala Kampar serta Upika melakukan pengawasan dan pemeriksaan suhu tubuh setiap penumpang yang baru datang. Pemeriksaan suhu tubuh dilaksanakan oleh petugas Puskesmas yang dibantu oleh UPTD Dinas Perhubungan dan Syahbandar Penyalai pada Rabu, 18 Maret 2020 . Pengawasan pelabuhan terhadap penumpang ini dilakukan sejak beberapa hari yang lalu.

''Pelabuhan ini merupakan pintu masuk menuju Kecamatan Kuala Kampar, untuk itu setiap penumpang yang datang wajib diperiksa dahulu suhu tubuhnya,'' jelas Camat didampingi Sekcam T Fauzar, kemarin. 

Sejauh ini lanjut dia, masyarakat di Kecamatan Kuala Kampar tidak ada indikasi terkait Virus Covid 19 tersebut. ''Oleh karena itu kita lakukan upaya pencegahan, salah satunya dari pintu masuk para pendatang yang baru saja berkunjung dari luar yang diindikasikan rawan pertemuan dengan masyarakat internasional,'' bebernya. 

Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak panik, namun tetap waspada terhadap Virus Corona virus yang telah merenggut ribuan nyawa manusia,  serta tidak mengambil keputusan sendiri bila mendapatkan ciri-ciri yang serupa.    

''Bila megalami gejala batuk, sesak nafas dan demam segera periksakan diri ke Puskesmas,'' kata Camat karena hal tersebut bertujuan agar penyakit yang diderita dapat langsung diketahui secara pasti oleh tim medis yang ada di Puskesmas.      

Selain itu Camat juga mengimbau agar masyarakat tetap menjaga kebersihan, kesehatan, selalu mencuci tangan agar selalu steril dan menggunakan masker saat beraktivitas di tempat umum. amr