RS Rujukan Penuh, Kamar Hotel Solusi Bagi Suspect Covid-19


riaupotenza.com
Warga Kepulauan Meranti Suspect Covid-19 saat dirujuk keluar daerah. Foto Dhamean Hasibuan

MERANTI (Riaupotenza.com) - Langkah Pemda Meranti memanfaatkan kamar hotel untuk dijadikan ruang isolasi pasien suspect Covid-19 sepertinya sudah sangat matang.

Bupati Irwan pun akan segera membahas rencana tersebut dengan Gubernur Riau, Syamsuar. ''Akan segera kita bahas bersama Gubri. Untuk teknisnya Dinas Kesehatan Provinsi Riau juga akan dihadirkan,'' sebut Irwan, Kamis (19/3/2020).

Irwan menyatakan ide tersebut sangat bagus dan menjadi bukti bahwa pencegahan Covid-19 membutuhkan kerjasama semua pihak.

''Ide itu sangat bagus. Kita harus maksimal berupaya agar semua warga yang sakit mendapatkan perawatan yang layak,'' ungkapnya.

Memang sebelumnya, rencana unik tersebut diusung oleh Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim.

Dia mengungkapkan, ruang isolasi di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru saat ini sudah penuh akibat membeludaknya pasien terduga covid-19. Akibatnya, satu pasien suspect dari Meranti terpaksa dirujuk ke RSUD Dumai. Rumah sakit rujukan lainnya adalah RS Puri Husada Tembilahan.

''Kita harus menyiapkan langkah antisipasi jika nantinya ruang isolasi di tiga rumah sakit rujukan di Riau ini penuh. Kita perlu membuat tempat isolasi sendiri. Yang paling memungkinkan adalah menjadikan kamar hotel sebagai ruang isolasi perawatan bagi pasien suspect covid-19,'' ungkapnya.

Langkah antisipasi ini dianggap penting mengingat RSUD Kabupaten Kepulauan Meranti sendiri tidak memiliki ruang isolasi khusus Covid-19. Ruang isolasi yang tersedia hanya untuk pasien dengan penyakit menular lainnya seperti TB-MDR (tubercolosis multidrug resistance). 

''Selain mencegah, kita juga harus menjamin mereka yang sakit mendapatkan perawatan memadai. Jangan sampai mereka yang sakit tidak dapat diberikan perawatan dengan alasan ruang isolasi penuh atau tidak tersedia,'' tegas dia.

Bahkan Said mengaku sudah ada pihak hotel di Selatpanjang yang menyatakan bersedia membantu untuk menjadikan hotelnya ruang isolasi covid-19. ''Ini yang sangat kita harapkan di saat seperti ini. Pemerintah dan masyarakat bersatu melawan covid-19,'' tukasnya. dham