Menghindari Corona Helat Rekor MURI Ditunda


riaupotenza.com
Kasi PD Pontren Kemenag Kota Pekanbaru H. Abdul Wahid, SAg, M.I.Kom

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Berdasarkan surat dari Dinas Kesehatan terkait virus corona, panitia penyelenggara kegiatan Pemecahan rekor MURI penulisan Mushab Al-Quran 30 Juz yang semula dijadwalkan pada tanggal 22 Maret 2020, bertempat di Mesjid Raya An Nur Pekanbaru ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Kegiatan yang melibatkan 1221 santri Taman pendidikan Al Quran (TPQ) di Provinsi Riau tersebut mengalami penundaan. Hal tersebut disebabkan alasan Medis dan Kesehatan yang melanda Indonesia berupa Covid - 19, yang berdampak dengan diliburkannya proses belajar mengajar dan penanganan masalah kesehatan yang ekstrim. 

Hal tersebut sebagaimana yang disampaikan Ketua Panitia acara yang juga merupakan Kasi PD Pontren Kemenag Kota Pekanbaru H. Abdul Wahid, SAg, M.I.Kom kepada media, Rabu (18/3).

"kegiatan pemecahan rekor MURI penulisan Mushaf Al Quran oleh Santri TPQ di Provinsi Riau berdasarkan himbauan Dinas Kesehatan Provinsi Riau melalui Suratnya No. 442/Dinkes 3.1/ 836 tanggal 11 Maret 2020 tentang pertimbangan medis terkait virus corona mengalami penundaan sampai mendapatkan pertimbangan dari Dinas Kesehatan, Penundaan ini adalah merupakan penundaan yang kedua kalinya, sebelumnya penundaan pertama pada bulan Januari 2020". Jelasnya

Lebih lanjut Abdul Wahid menyampaikan, dengan tertundanya kegiatan tersebut memberikan kesempatan kepada Santri TPQ/TKQ untuk mendalami lebih jauh penulisannya, seperti memperhalus dan merapikan pola penulisan Mushaf tersebut, meskipun Seluruh panitia sdh sangat matang dalam mempersiapkan acara ini, panitia telah bekerja keras siang dan malam dalam malaksanakan monitoring Try Out (TO) di seluruh Kecamatan Kota Pekanbaru dan Riau pada umumnya.

"Panitia juga sudah siap mengurus izin keramaian dari pihak kepolisian demi terselenggaranya kegiatan Rekor Muri ini." Pungkasnya

Penundaan tersebut telah disampaikan panitia pelaksana kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riauu, Gubernur Riau, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru, Ketua LPTQ Provinsi Riau, Ketua LPTQ Kota Pekanbaru, Ketua FKPQ Provinsi Riau, Ketua FKPQ Kota Pekanbaru dan Pengurus TPQ/TKQ se Kota Pekanbaru. (Syi)