Soal TMC, BBPD Tunggu Arahan Pusat


riaupotenza.com
Edwar Sanger

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Pemerintah Provinsi Riau, saat ini sedang menunggu keputusan pemerintah pusat. Terkait usualan, bantuan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). 

Permintaan TMC ini, mengingat potensi awan di Riau. Saat ini masih ada. Sehingga diharapkan, bantuan itu segera terealisasi.

''Harapan kita secepatnya disetujui,'' harap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger, kemarin. 

Dia berharap, mudah-mudahan paling lambat awal Maret batuan TMC sudah masuk ke Riau.

Usulan ini, kata Edwar, melalui surat yang dikirim Gubernur Riau ke pihak BNPB pasca penetapan status siaga darurat Karhutla.

''Permintaan Gubernur, agar Riau diprioritaskan mumpung awan di Riau untuk Teknologi TMC,'' ungkap Edwar Sanger. 

Untuk memastikannya, dalam waktu satu atau dua hari kedepan. Pihaknya akan koordinasi dengan BNPB terkait bantuan TMC itu. 

''Kemarin kita sudah sudah koordinasi dengan BNBP, dan BNPB sedang memproses usulan kita di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), karena untuk TMC dari BPPT,'' ujarnya. 

Sedangkan, terkait bantuan lainnya. Menurut Edwar Sanger, BNPB sudah mengirim bantuan peralatan untuk penanganan Karhutla Riau. rpz