Pemkab Kuansing Komit Cegah Karlahut


riaupotenza.com

TELUKKUANTAN (Riaupotenza.com) - Pemerintah Kabupaten Kuansing tetap komit terhadap pencegahan Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) yang terjadi di daerah. Komitmen tersebut sesuai dengan kesepakatan pemerintah pusat, daerah TNI dan Polri beberapa waktu lalu.

Hal itu disampaikan Kabag Umum Setda Kuansing, Herman Susilo, Kamis (13/2/2020). Menurut Herman Susilo, keseriusan Pemkab dalam mencegah Karlahut di Kuansing, ditunjukan dengan himbauan bupati pada acara-acara resmi yang melibatkan masyarakat banyak.

Seperti yang disampaikan bupati saat menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) terkait penanganan Karlahut bersama Panglima TNI, Hadi Tjahjanto dan Kapolri Drs Idam Aziz, Rabu (12/2/2020) di Pekanbaru.

''Sesuai apa yang disampaikan pak bupati bahwa, Pemkab dan Forkopimda siap menjalin sinergisitas dalam mengupayakan pencegahan terhadap kerawanan kebakaran hutan dan lahan di Kuansing,'' ujar Susilo.

Rakor yang juga dihadiri Gubernur Riau, H Syamsuar dan seluruh bupati se Riau itu merupakan tindak lanjut Rakor sebelumnya di Istana Negara Jakarta yang dibuka Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo.

Sebagai langkah awal, bentuk keseriusan pihak Provinsi Riau dalam menangani pencegahan kebakaran hutan dan lahan ini, Kapolda Riau meluncurkan Aplikasi dashboard lancang kuning.

Aplikasi yang dibuat ini dapat menentukan titik api, sesingga bisa memudahkan petugas memobilisasi anggota. Serta Aplikasi tersebut bisa memberitahukan dimana titik api.

Selain itu, juga bisa memberikan info lahan gambut terbakar serta bisa memberitahukan ada titik api diatasnya. Bahkan, dapat memberitahukan lahan siapa yang terbakar.

Atas inovasi ini, Panglima TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Idam Aziz, memberikan apresiasi kepada pihak pemerintah Provinsi Riau, karena daya nilai manfaatnya yang begitu luar biasa. ped