Diskes Bentuk Tim Tanggap Darurat

Suspek Virus Corona Hoax


riaupotenza.com
Kadiskes Pelalawan H Asril SKm MKes

PELALAWAN (Riaupotenza.com) - Dinas Kesehatan Kabupaten Pelalawan memastikan informasi yang beredar terkait adanya suspek terjangkit virus corona di PT RAPP itu adalah hoax. Namun pihaknya tetap melakukan upaya antisipasi dengan membentuk tim tanggap darurat. 

''Sudah saya sampai tidak ada ditemukan suspek atau yang dicurigai virus corona di Kabupaten Pelalawan. Semua informasi itu hoax,'' jelas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pelalawan H Asril, S.Km, M.Kes menjawab media ini, Kamis (30/1/2020).

Karena informasi yang sempat beredar tidak benar terang Asril diminta kepada  masyarakat agar dapat menerima informasi terkait virus corona dari satu sumber saja. ''Sumbernya satu pintu saja yakni Dinas Kesehatan. Hal ini untuk menghindari informasi yang salah dan berkembang di tengah masyarakat,'' kata Kadiskes.

Kadiskes menambahkan,  pendapatnya hingga saat ini Menteri Kesehatan RI menyatakan bahwa virus corona belum masuk ke Indonesia dan Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Riau juga menegaskan belum ada penyebaran virus corona di Propinsi Riau. Namun lanjut Asril, untuk mengantisipasi Virus Corona, pihaknya telah membentuk Tim Tanggap Darurat. 

Dibentuknya Tim Tanggap Darurat ini sambung Asril yang mengaku dalam speedboat menuju Kuala Kampar dalam agenda Lokmin Puskesmas guna mengantisipasi penyebaran virus corona berikut kesiapa penanganan terhadap munculnya suspek terhadap orang- orang yang dicurigai mengidap virus ini.       

''Kita telah mempersiapkan Tim Tanggap Darurat yang akan terus memantau terhadap berbagai kemungkinan munculnya virus corona di Kabupaten Pelalawan,'' ujarnya.

Kadiskes memaparkan, RSUD BLUD Selasih Kabupaten Pelalawan sebagai basis dari Tim Tanggap Darurat telah menyediakan ruangan isolasi di IGD untuk memastikan pasien positif mengidap virus corona atau tidak.

Jika nantinya positif mengidap virus corona, lanjut mantan Sekretaris Diskes ini, maka akan dirujuk dengan ambulance khusus ke RS Arifin Ahmad Pekanbaru. 

''Kan untuk Propinsi Riau, ada 3 rumah sakit rujukan untuk penanganan virus corona yakni RS Arifin Ahmad Pekanbaru, RS Tembilahan dan RS Dumai. Kita kan lebih dekat ke Arfin Ahmad Pekanbaru,'' terang Asril. 

Lebih jelas Kadiskes mengatakan,  dalam ruangan isolasi dilengkapi berbagai peralatan kesehatan yang sesuai dengan standar penanganan penyakit dalam kondisi luar biasa dan pastinya adalah dokter spesialis paru - paru. 

''Tim Tanggap Darurat di RSUD Selasih sudah sangat siap untuk mendeteksi pasien suspek corona untuk kemudian dirujuk ke RS Arifin Ahmad Pekanbaru,''paparnya. amr