Pilkada Pelalawan, Mantan Sekda Riau Maju Melalui Jalur Perseorangan


riaupotenza.com
Rakor KPU Pelalawan bersama Bapaslon perseorangan.

PELALAWAN (Riaupotenza.com) - Bakal Pasangan Calon Perseorangan Bupati dan wakil Bupati Pelalawan Pasangan Drs H Zaini Ismail MSi dan Tengku Kespandiar ST MM mengklaim sudah mengantongi 11.000 dukungan. Pasangan ini menargetkan 25 Februari mendatang input data pendukung akan rampung. 

Terungkapnya jumlah dukungan terhadap pasangan bakal calon perseorangan ini saat dilaksanakan rapat koordinasi bersama KPU Kabupaten Pelalawan. 

''Ya pasangan ini membeberkan kalau mereka sudah mendapat 11.000 dukungan,'' jelas Ketua KPU Kabupaten Pelalawan Wan Kardiwandi didampingi anggota KPU Kabupaten Pelalawan Divisi Teknis Penyelenggaraan Bapri Naldi SSos, Rabu (29/1/2020).

Disebutkan, pasangan non partai ini sudah melakukan Input Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan dalam Sistem Informasi Pencalonan (Silon) Offline sebanyak 11.000 pendukung.     
 
''Hal ini disampaikan langsung oleh pasangan terkait pada saat Rakor dan evaluasi Silon yang di laksanakan di Kantor KPU Kabupaten Pelalawan,'' ungkapnya.

Rapat koordinasi dan evaluasi Silon Bapaslon Perseorangan yang dilaksanakan KPU Pelalawan dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Pelalawan Wan Kardiwandi.     

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Bawaslu Kabupaten Pelalawan, serta pasangan Drs H Zaini Ismail MSi dan Tengku Kespandiar ST MM, Tim Penghubung Bapaslon dan operator Silon Perseorangan. 

''Rapat koordinasi dan evaluasi ini penting dilaksankan, untuk memantau sejauh perkembangan pengumpulan dukungan oleh bakal Paslon  Perseorangan sekaligus mengevaluasi sudah berapa banyak penginputan data dukungan dalam Silon Perseorangan yang di input oleh operator pasangan ini,'' terang Wan Kardiwandi. 

Disampaikannya, sampai tanggal 29 Januari 2020 informasi yang didapat dari Tim Bapaslon sudah mencapai 11.000 pendukung. ''Pasangan perseorangan ini menargetkan penginputan dukungan akan selesai pada 15 Februari mendatang atau empat hari sebelum masa penyerahan berkas dukungan ke KPU Pelalawan,'' beber Ketua KPU Kabupaten Pelalawan. 

Kesempatan yang sama anggota KPU Kabupaten Pelalawan Divisi Teknis Penyelenggaraan Bapri Naldi, S.Sos menyampaikan, pertemuan terkait Bapaslon Perseorangan dilaksanakan secara berkala. 

''KPU Pelalawan sudah melaksanakan Sosialisasi Pencalonan, Bimtek Silon pada 9 dan 10 Januari, monitoring evaluasi silon 22 Januri dan hari ini  29 Januari. Dari beberapa kali pertemuan sebelumnya bapaslon Perseorangan ini hanya menghadirkan LO dan Operator Silonnya. Pada Rakor kali ini langsung dihadiri Bapaslon Drs H Zaini Ismail, M.Si dan Tengku Kespandiar STMM,'' jelasnya. 

Bapri Naldi menyebutkan, dalam Rakor kembali memberikan penjelasan dengan rinci tentang proses tahapan, persyaratan calon perseorangan, mekanisme verifikasi Adminstrasi, Verifikasi Faktual dan Proses Rekapitulasi dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan.

''Kami mengingatkan kepada Bakan Pasangan Calon Perseorangan, berikanlah syarat dukungan yang rill dari masyarakat, karena nanti pada tahap verifikasi faktual seluruh pendukung akan ditemui langsung oleh PPS atau petugas verifikasi, silahkan berjalan sesuai regulasi yang sudah di tentukan,'' kata Koordinator Divisi Teknis KPU Pelalawan ini mengingatkan kepada bapaslon perseorangan yang hadir saat itu. 

Setakad informasi, Bapaslon Drs H Zaini Ismail MSi ini merupakan mantan Sekdaprov Riau dan cukup lama mengabdi di Kabupaten Pelalawan. Mulai menjadi Camat hingga kepala dinas dimasa Bupati Pelalawan HT Azmun Jaafar SH. Sementara pasangannya Tengku Kespandiar ST MT, putra kelahiran Kuala Kampar, kader PKS Pelalawan yang memilih jalur perseorangan serta menjadi salah satu orang penting di perusahaan pulp and paper di Kabupaten Pelalawan, PT RAPP. amr