Pemko Persiapkan Data Untuk Ekspos Kawasan Pekansikawan


riaupotenza.com
Dr Firdaus

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Saat ini Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru tengah fokus pada persiapan data yang diperlukan untuk ekspose Pekanbaru Siak, Kampar, dan Pelalawan (Pekansikawan) ke Kementerian PUPR.

''Pekanbaru tak bisa diam saja, Pekansikawan masuk dalam 21 list kawasan metropolitan baru. Kementerian PUPR menilai daerah Pekansikawan kurang komunikasi ke pusat, jika tak dipersiapkan, nanti Pekansikawan dicoret begitu saja,'' kata Wali Kota Pekanbaru, Dr Firdaus, Senin (20/1/2020).

Firdaus menjelaskan, Pekansikawan merupakan perencanaan pembangunan jangka panjang yang matang dan terstruktur yang mengintegerasikan pembangunan empat daerah tersebut. 

Tujuannya ialah membangun kota baru dengan memperhatikan hal-hal yang dapat menunjang pertumbuhan ekonomi di Provinsi Riau, yang muaranya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Riau.

Dengan perkembangan dan pembangunan kota yang semakin cepat, Kota Pekanbaru pelan-pelan mulai terasa sempit. Untuk itu diperlukan strategi dengan menggandeng daerah tetangga sebagai mitra melalui program Pekansikawan tersebut.

Melalui Pekansikawan tersebut, nantinya bukan saja sebatas antisipasi pengembangan wilayah. Namun juga diharapkan  ada integrasi program antara Kota Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawan.

''Misalnya pembangunan jalan dan jembatan, perumahan, pergudangan, pusat perbelanjaan, perhotelan, transportasi, sampah dan air bersih, dan lainnya,'' paparnya.

Ditambahkan Firdaus, Pekansikawan akan menjadi kawasan yang ideal dan cepat maju jika keempat daerah tidak mengedepankan ego sektoral. 

''Jadi Kepala Daerah tak boleh diam saja dan mengikuti perkembangan. Semuanya harus punya komitmen untuk membangun sebuah kawasan metropolitan,'' tegasnya. 

Program Pekansikawan juga difokuskan dengan kerjasama dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) dan dengan kerjasama dalam hal dukungan infrastruktur.

Seperti infrastruktur dasar, Jalan, Listrik, Telekomunikasi dan Air Bersih. Ini akan jadi skala prioritas dalam pengembangan kawasan metropolitan Pekansikawan. rpz