Musim Haji 2020, 363 JCH Pelalawan Berangkat


riaupotenza.com
Kakan Kemenag Pelalawan H Muhammad Rais MPdI

PANGKALANKERINCI (Riaupotenza.com) - Musim haji tahun 2020 sebanyak 363 Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Pelalawan dipastikan akan berangkat menunaikan rukun Islam kelima ke tanah suci. 

Jika dibandingkan tahun 2019, kuota haji Kabupaten Pelalawan tidak mencapai 300 jemaah. Namun terjadi penambahan kuota yang signifikan pada tahun 2020 ini menjadi 363 orang. 

Hal ini dijelaskan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pelalawan H Muhammad Rais MPdI, Ahad (19/1/2020). ''Alhamdulillah kita, Kabupaten Pelalawan masuk kuota Provinsi Riau. Maka kita tidak sebut penambahan kuota tapi jamaah saja lebih banyak dari tahun 2019,'' kata Muhammad Rais. 

Menurut Kakan Kemenag Pelalawan, kuota Pelalawan sesuai dari hasil kuota Propinsi dan juga sudah diputuskan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau pada tahun 2020 ini sebanyak 363 orang. ''Ini yang sudah dipastikan keberangkatannya. Saat ini, sebagian besar paspornya sudah dibuat,'' imbuh Kakan Kemenag Pelalawan. 

Muhammad Rais menjelaskan, dari 363 JCH Pelalawan tahun keberangkatan 2020 tersebut terdiri  dari 176 jemaah laki-laki dan 187 orang perempuan.

Lebih rinci Muhammad Rais membeberkan dari ratusan JCH Pelalawan itu berasal dari 12 kecamatan. Rinciannya kecamatan yakni, Langgam 20 jemaah, Pangkalan Kerinci 105, Pangkalan Kuras 62 , Pangkalan Lesung 32, Ukui 30, Bunut 40, Pelalawan 3, Teluk Meranti 7, Kuala Kampar 4, Kerumutan 35, Bandar Seikijang 10 dan Bandar Petalangan 15 jemaah. 

Ketua IKMI Kabupaten Pelalawan ini menuturkan, untuk JCH termuda berusia 28 tahun dan tertua 82 tahun. Ada 2 JCH berusia 28 tahun yakni Tengku Desi Rudiyana asal Kecamatan Pelalawan  dan TSM Gozali asal Pangkalan Kerinci. Sedangkan JCH berusia 82 tahun ada 4 orang yakni Atan bin Pado Kunel asal Pangkalan Lesung, Gondai bin Sibila Jaelani asal Bandar Petalangan, Paman Waidi Sulung bin Sulung Gonjung asal Bunut dan terakhir Ilyas Intai Kayo bin Yunus asal Ukui. 

Saat ini lanjut Muhammad Rais,  ke - 363 JCH tengah menjalankan manasik mandiri di kecamatan masing-masing. ''Saat ini masih manasik mandiri saja di setiap kecamatan yang langsung mendapat bimbingan dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pelalawan. Kemudian untuk pengecekan kesehatan juga sudah dilaksanakan,'' terangnya.  

Kakan Kemenag Pelalawan, Rais juga menyebutkan untuk pelunasan biaya haji akan dijadwalkan pada akhir Maret atau awal April mendatang.    

Ditanya kemungkinan adanya penambahan kuota, Muhammad Rais Rais menyebutkan jama'ah itu biasanya bisa bertambah tergantung dari pusat.

Maksudnya sambung Kakan Kemenag, memang kuota Kabupaten Pelalawan Tahun 2020 ini, 363 orang namun jika ada penambahan tergantung dari pusat.

''Kita berharap jumlah 363 JCH ini dari proses keberangkatan sampai kembali ke tanah air tetap berjumlah 363,'' pungkasnya berharap. amr