Soal Komut PT Bank Riau Kepri

LIPUN Desak Sekdaprov Riau Yan Prana Mundur dari Seleksi


riaupotenza.com
Sekdaprov Riau Yan Prana Jaya

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Badan Anti Korupsi - Lembaga Investigasi Penyelamat Uang Negara (BAK - LIPUN) Provinsi Riau meminta kepada Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Yan Prana Jaya untuk mundur dari seleksi dan fokus pada tugas utamanya sebagai Sekda, untuk membina ribuan ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau.

Desakan itu dilontarkan Direktur Eksekutif BAK - LIPUN Abdul Rahman Siregar, untuk menanggapi sorotan publik pasca kemunculan surat hasil Pansel BRK Nomor 40/PANSEL/BRK Tahun 2020 tanggal 4 Januari, yang menyebutkan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Yan Prana Jaya lulus seleksi administrasi calon Komisaris Utama (Komut) PT Bank Riau Kepri.

"Kita mendesak Pansel untuk selektif dan profesional, jangan terkesan memuluskan pejabat Pemprov Riau untuk menjadi Komisaris Utama Bank Riau Kepri. Harusnya orang yang benar - benar profesional di bidang Perbankan. Sementara komisaris utama tidak harus dari kalangan pejabat, apalagi seorang Sekdaprov yang tentunya harus fokus dengan tugas besarnya. Masih banyak orang profesional di Bidang perbankan di Riau ini, mengapa harus Sekda Yan Prana, masih kurangkah Jabatan dia?,"  pungkas Rahman Siregar, Selasa (14/1/2020) malam.

Aktivis anti korupsi ini juga mengingatkan Pansel untuk tidak main mata dengan pejabat provinsi Riau dalam melakukan seleksi terhadap Calon Komisaris Utama PT Bank Riau Kepri.

"LIPUN juga menyerukan kepada Bapak Sekdaprov Riau Yan Prana yang terhormat, untuk mundur dari Calon Komut PT Bank Riau Kepri, sebab masih banyak tugas berat menantinya untuk mewujudkan janji - janji politik Bapak Gubernur Riau Syamsuar, apalagi kita menilai realisasi janji Gubri dan jajarannya, termasuk Sekdaprov sebagai ASN nomor satu di Riau belum ada terlihat progres yang berarti," tegasnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya oleh sejumlah media massa di Riau, bahwa Sekdaprov Riau Yan Prana tidak henti-hentinya jadi sorotan. Sebelumnya Sekdaprov disorot karena banyaknya kerabat Sekda yang dilantik jadi pejabat eselon III dan IV di lingkungan Pemprov Riau beberapa waktu lalu. Bahkan, Jaringan Investigasi Pemberantasan Korupsi (Jipikor) pun melakukan protes akan hal tersebut.

Ketika dimintai tanggapan mengenai hasil seleksi tersebut, Yan Prana pejabat yang sudah dekat dengan Syamsuar sejak menjadi Bupati Siak itu tidak mau berkomentar banyak. Ia hanya tersenyum sembari berlalu ketika ditemui wartawan usai menghadiri acara Simposium Konstruksi Riau Tahun 2020 Riau Green dan Musda bersama Askonas Provinsi Riau tahun 2020 di SKA Co Ex, Selasa (14/01/2020).

Selain melemparkan senyum, Yan Prana menunjukkan gestur dengan mengangkat tangan sebelah kiri dan mengacungkan jari telunjuk sembari menggoyangkannya.

Sebelumnya diberitakan, Pansel Bank Riau Kepri mengeluarkan Surat Keputusan pemanggilan tiga nama calon Komisaris Utama (Komut) PT Bank Riau Kepri, yang dinyatakan lulus seleksi administrasi calon Komut BRK.

Tiga nama calon Komut BRK tersebut merupakan pejabat aktif Pemprov Riau. Dan salah satu peserta yang lulus seleksi administrasi Sekretaris Daerah yaitu (Sekda) Provinsi Riau Yan Prana Jaya. Sementara dua orang lagi adalah Kepala Biro Pembangunan Indra SE dan Kepala Biro Umum Ariadi.

Ketua Tim Pansel Pimpinan BRK, Ahmad Syah Harrofie, membenarkan telah mengeluarkan SK Penetapan Calon Komut BRK. Ketiga nama calon Dirut BRK ini selanjutnya menjalani tes presentasi dan wawancara Senin malam kemarin di Menara Gedung Bank Riau Kepri, pukul 19.00 WIB sampai dengan selesai. rpz