Sampah Melimpah Aroma Tak Sedap Menyengat


riaupotenza.com
Sampah dibuang di pinggir jalan umum yang menebarkan aroma tak sedap di Pangkalan Kerinci

PANGKALAN KERINCI (riaupotenza.com) -Sepertinya salah satu masalah klasik yang tak pernah usai adalah sampah. Selain rendahnya kesadaran masyarakat menjaga lingkungan, pemerintah pula tidak menyediakan fasilitas pembuangan sampah yang memadai. 

Jadilah sampah dibuang sembarangan tempat. Bahkan di tepi jalan yang menjadi fasilitas umum. Akibatnya, aroma tak sedap terpaksa dihirup oleh siapa saja yang melintas. 

Begitulah yang terjadi di beberapa titik di ibu kota Kabupaten Pelalawan, Pangkalan Kerinci. Salah satunya di Jalan Engku Lela Putra Kelurahan Pangkalan Kerinci Timur. 

''Repot juga masalah sampah ini. Sebab selain ada faktor kelemahan  pengelolaan sampah di DLH, ditambah kesadaran masyarakat yang kurang,''kata H Abdullah, Wakil Ketua Komisi I DPRD Pelalawan, Senin (13/1/2020).

Pernyataan ini disampaikan politisi besutan PKS terkait dijadiiannya tepi Jalan Engku Lela Putra Kelurahan Pangkalan Kerinci Timur yang dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah oleh masyarakat. 

Terkait masalah sampah dengan aroma tak sedap yang disedot warga yang melintas di lokasi, dia pun memberikan usulan agar diperhatikan Pemkab Pelalawan. 

''Menurut saya DLH perlu mengkaji pola penanganan sampah yang efektif efisien.  Jika perlu keterlibatan pihak ke 3, mungkin lebih baik. Yang penting bagaimana sampah bisa teratasi,'' ungkap anggota DPRD Pelalawan ini memberikan solusi.

Dalam catatan media ini, Pemkab Pelalawan melalui dinas terkait baru akan Kusuk kasak memperhatikan masalah sampah dengan serius jika ada penilaian lomba kebersihan.

Selain itu rendahnya kesadaran masyarakat membersihkan lingkungan juga faktor penghambat bersihnya ibu kota Kabupaten Pelalawan ini.

''Petugas kebersihan sampai di manalah mereka bekerja. Yang lebih utama masyarakat sendiri yang sadar untuk membersihkan lingkungannya, tidak membuang sampah sembarangan serta memanfaatkan sampah untuk hal yang bermanfaat,'' pungkasnya.vamr