Dinilai Sukses Sebagai Pejabat Tinggi, Irwan Kagum Keseriusan Yulian Norwis Maju di Pilkada


riaupotenza.com

MERANTI (Riaupotenza.com) - Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti melantik para pegawai dan pejabat tinggi pratama yang terkena mutasi serta rotasi. Dari sekian pejabat, sedikitnya ada satu pejabat tinggi pratama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dimutasi. Salah satunya Sekretaris Daerah (Sekda) Yulian Norwis.

Keterlibatan Yulian Norwis dalam politik praktis menjadi alasan Irwan memutasinya dari jabatan sekda ke staf ahli. Menurut dia, jabatan staf ahli akan memberikan peluang besar bagi Yulian agar fokus ke ranah politik.

"Pejabat yang bersangkutan akan mengikuti kontestasi politik pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Meranti yang akan datang. Jadi agar tidak terjadi kekosongan jabatan Sekda karena jika seorang ASN mengikuti Pilkada dituntut harus mengundurkan diri," sebut Irwan.

Dia menjelaskan, tindakan itu merupakan strategi utama agar jalannya roda pemerintahan tidak terganggu.

"Jika tidak dilakukan langkah taktis ini maka posisi Sekda akan kosong yang pastinya akan mengancam jalannya roda pemerintahan, dan kita tidak ingin hal itu terjadi sehingga untuk menjamin hal itu kita lakukan penunjukan Sekda," papar dia.

Kemudian dijelaskannya pula, setelah dilakukan penunjukan Plh Sekda yang akan menjabat hingga 14 hari kedepan, nantinya sebelum ditetapkan Sekda defenitif jabatan Sekda akan dipegang oleh Plt Sekda yang dijabat oleh Pejabat Eselon II Pemerintah Provinsi Riau.

"Saya sangat mendukung bagi ASN yang ikut serta dalam pilkada, apalagi pak Sekda yang saat ini sudah hampir mendekati waktu pensiun," bebernya.

Kendati begitu, Irwan tidak menapik keberhasilan yang pernah diperoleh Yulian saat menjabat sebagai Kepala Dinas Pertanian maupun Sekda Kepulauan Meranti.

"Kita menyadari pak Sekda salah satu pejabat terbaik. Ya, kalau tidak punya nilai plus tersendiri mana bisa beliau dipilih jadi Sekda," cetus Irwan tersipu tawa.

Bupati dua periode itu juga tidak lupa mengucapkan terima kasih atas dedikasi yang telah diberikan selama 2,5 tahun ini. "Semoga apa yang telah diperbuat untuk kemajuan meranti diridhoi allah swt," ujarnya.

Sebelumnya, dalam proses pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan pejabat struktural eselon II, III dan IV dilingkungan Pemkab Kepulauan Meranti, H Yulian Norwis terlihat hadir dan duduk dibarisan depan.

Diwaktu yang sama, H Yulian Norwis yang sebelumnya telah mengetahui jabatannya sebagai Sekretaris Daerah akan dirotasi ketingkat bawah terlihat sangat ferr dan berbesar hati untuk tetap hadir pada pengambilan sumpah jabatan.

"Jabatan adalah amanah, saya sangat mendukung itu. Karena, kebijakan kepala daerah lebih mengarah pada kelancaran diroda pemerintahan," ucapnya disela waktu usai pengambilan sumpah jabatan di Ball Room Grand Meranti Hotel, Selatpanjang.

Dilokasi pelantikan dirinya yang kini menjabat sebagai Staf Ahli Bupati Kepulauan Meranti Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan seperti tidak begitu kaku. Bahkan sangat enjoy. Terlihat, pada mimik wajah serta sikapnya yang tetap ramah serta selalu menebarkan senyuman kepada para pejabat yang dilantik maupun tamu undangan.

"Kebijakan pak Bupati sudah sangat baik, karena kepengurusan pensiun biasanya selesai selama enam bulan. Jadi dalam waktu dekat saya sudah bisa mengurus itu," akunya.

Di sisi lain, Yulian Norwis mengaku tetap akan membantu menata bidang ekonomi, keuangan, dan pembangunan dengan sebaik mungkin, "Menjelang pensiun ini saya tetap siap memberikan kontribusi terbaik saya untuk Kepulauan Meranti," tegas dia.

Ketika disindir sudah sejauh mana kesiapannya maju di Pilkada, Yulian Norwis tidak berkomentar banyak. Dirinya hanya berharap doa dan dukungan semua pihak.

"Saat memangku jabatan sebagai ASN insyaallah saya sudah melakukan semuanya, saat ini saya akan melakukan yang terbaik pula untuk meranti kedepan lebih baik lagi," pungkasnya.

Seperti diketahui, diawal tahun 2020 ini H Irwan juga melakukan pelantikan kepada 174 Pejabat Eselon II, III dan IV dilingkungan Pemkab Kepulauan Meranti. 80 orang diantaranya berhasil memperoleh jabatan prestasi. Dham