DPMPTSP Serahkan Pemotongan Bando Jalan ke Satpol PP Pekanbaru


riaupotenza.com
Agus Pramono

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru telah menyerahkan kewenangan untuk penertiban sembilan bando jalan yang tidak berizin, di sejumlah ruas jalan di Pekanbaru ke Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pekanbaru.

Kepala DPMPTSP Pekanbaru, M Jamil melalui Sekretaris DPMPTSP Pekanbaru, F Rudi Misdian mengatakan, untuk penertiban sembilan bando itu, Satpol PP dapat melakukan penertiban sendiri. Sebab keberadaan sejumlah bando jalan atau tempat reklame iklan yang membentang ditengah jalan jelas tidak memiliki izin. 

Menurutnya, Satpol PP tidak perlu meminta rekomendasi dari pihaknya. Sebab bando itu jelas tidak mengantongi izin dari Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

"Lain hal kalau memamg mengantongi izin tapi melanggar. Itu memang dapat kita rekomendasi kan," jelasnya. 

Ia menyebut, bahwa tidak ada dasar dari DPMPTSP untuk mengeluarkan rekomendasi pemotongan bando itu. Karena keberadaan nya sendiri jelas tidak memiliki izin. 

Sementara itu, Kepala Satpol PP Pekanbaru, Agus Pramono mengatakan, siap untuk melakukan penertiban dan memotong bando-bando yang tidak berizin tersebut.

"Kalau memang seperti itu kita siap untuk memotong nya. Kita akan tertibkan semua," kata Agus. 

Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan instansi terkait dalam penertiban nanti. Ia katakan, saat penertiban nanti pihaknya akan memotong seluruh bagian dan material bando jalan tersebut dan seluruh bagian material itu akan disita oleh Pemko Pekanbaru, apabila pemilik tidak memotong sendiri. 

Namun, sebelum pemotongan pihaknya akan kembali memberi peringatan kepada pemilik bando. Pihaknya akan memberikan masa tenggang selama 3 hari untuk pemilik memotong sendiri bando mereka. 

"Hari senin kita kasih peringatan, kita kasih waktu tenggang selama 3 hari. Kalau tidak kita akan potong," tegas Agus. 

Pihaknya juga akan memasang spanduk peringatan pada sejumlah bando tak berizin itu. rpz