SPBU 142836116 Payo Atap, Diduga Layani Ratusan Pembeli Jerigen


riaupotenza.com
Ratusan jerigen mengisi premium di SPBU Payo Atap.

PANGKALANLESUNG (Riaupotenza.con) - Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Umum (SPBU) dengan nomor 142836116 dinilai tidak lagi beroperasi melayani kepentingan masyarakat umum. Karena lebih memprioritaskan pembeli berjerigen.

Dari pantauan media ini sekitar pukul 22.00 WIB, Kamis (5/12/2019) operator SPBU yang terletak di Jalan Lintas Timur Desa Payo Atap Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan tampak mengisikan BBM terutama jenis premium dan lainnya ke ratusan jerigen.

Padahal sebelum pukul 22.00 WIB warga yang akan mengisi kendaraannya dengan premium kosong. ''Maaf Premium masih dalam pengiriman,'' tulis pada papan informasi di sekitar lokasi yang tampak agak remang-remang karena kurangnya pencahayaan.

Namun beberapa saat kemudian. Beberapa sepedamotor bakul mobil pick up dan mobil pribadi berdatangan. Dari dalam kendaraan pribadi dikeluarkan ratusan jerigen dan langsung mengisi BBM jenis premium.

Kegiatan ini jelas berlawanan dengan pihak PT Pertamina yang melarang menjual BBM ke jerigen. Beberapa unit CCTV yang terpasang sepertinya tidak berfungsi. Ditengah gerimis aktivitas pengisian BBM ke jerigen terus berlangsung. 

''Jelas perbuatan pihak SPBU 142836116 ini sangat merugikan masyarakat luas. Toh, saat pagi premium sudah kosong. Warga yang butuh premium khususnya pasti kecewa,'' ungkap Fakhri warga setempat.

''Meski saya tidak pasti, tapi operator dan security yang ikut membantu pengisian ini dapat jatah,'' imbuhnya yang juga sangat kecewa karena terjadi hampir semua SPBU di Jalan Lintas Timur.

''Premium masih Primadona pemilik kendaraan karena harganya jauh lebih murah dibanding Pertalite, apalagi Pertamax,'' ujarnya.

Warga pun berharap pihak Pertamina memberikan sanksi tegas kepada pemilik SPBU yang seolah terkesan membiarkan terjadinya penyimpangan. ''Pertamina mesti bertindak tegas. Karena merugikan konsumen secara umum,'' pungkasnya.

Camat Pangkalan Lesung Adnan, S. Sos belum menjawab konfirmasi media ini terkait aktivitas SPBU yang ada di wilayahnya yang lebih mementingkan melayani jerigen dari masyarakat umum. amr