Pengalihan Kelola Parkir Tunggu Persetujuan Wako


riaupotenza.com
Yuliarso

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru masih melakukan pengajuan draft pembentukan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dalam pengelolaan jasa retribusi parkir oleh pihak ketiga kepada Wali Kota (Wako) Pekanbaru. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dishub Pekanbaru, Yuliarso mengatakan, draft itu telah diberikan kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru selaku ketua tim pembentukan BLUD untuk diajukan ke Wali Kota Pekanbaru agar dapat disetujui. 

"Sudah kita serahkan draft pembentukan BLUD ini untuk ditandatangani pak wali. Kita sudah lalui beberapa tahapan dalam penyusunan draft ini," kata Yuliarso, Kamis (5/12/2019). 

Menurutnya, dengan melelang pengelolaan jasa parkir yang sebelumnya dikelola Dishub ke pihak ke tiga melalui sistem BLUD ini supaya lebih memaksimalkan potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi parkir.

Pengelolaan parkir dengan menggunakan sistem BLUD ini telah ia pelajari sejak April 2019. Ia telah melihat kota-kota besar lainnya yang telah dulu menerapkan sistem ini. Memang pengelolaan menggunakan sistem itu mampu dan dianggap lebih maksimal dalam meraup PAD dari retribusi parkir. 

Ia juga tidak menampik, saat ini pengelolaan retribusi parkir belum tergarap maksimal. Dengan pengelolaan melalui BLUD ini, retribusi parkir dapat dikelola oleh pihak profesional. 

"Kita akan lakukan lelang untuk pelayanan jasa parkir ini. Kita akan mencari pihak yang profesional dalam penyelenggaraannya, sehingga potensi dari sumber PAD ini tergarap maksimal," jelasnya. rpz