PAN Buka Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah


riaupotenza.com

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Riau membuka penjaringan Bakal Calon Bupati/Wakil Bupati dan Wali Kota/Wakil Walikota di sembilan daerah yang akan mengelar pilkada 2020. Yakni Kota Dumai, Kabupaten Siak, Bengkalis, Rokan Hulu, Pelalawan, Bengkalis, Inhu, Kuansing dan Meranti. 

"DPW PAN Riau sudah membentuk Tim Pilkada PAN Provinsi Riau yang beranggotakan sembilan orang. Selanjutnya tim menugaskan DPD PAN se-Riau yang daerahnya akan melaksanakan pilkada agar membuka penjaringan bakal calon kepala daerah," ujar Ketua Tim Pilkada PAN Provinsi Riau H Mustafa Kamal didampingi Sekretaris H Martius Busti SH MH dan anggota Tim Pilkada PAN Riau H Makmur Kasim SE MM Ak di Kantor DPW PAN Riau, Senin (2/12/2019). 

Untuk keseragaman penjaringan akan dibuka 10-25 Desember 2019. Namun diakuinya ada tiga daerah yang sudah mulai melakukan penjaringan bakal calon kepala daerah. Yakni Bengkalis, Dumai dan Rokan Hulu. Sedangkan enam daerah lainnya diwajibkan membuka penjaringan bakal calon kepala daerah. 

"Teknis penjaringan diatur masing-masing daerah. 25 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020 verifikasi tingkat kabupaten/kota. Selanjutnya pekan pertama Januari 2020 akan dilakukan survei oleh lembaga survei nasional terhadap bakal calon kepala daerah yang akan didukung PAN," jelas Wakil Ketua DPW PAN Riau Bidang Pusat Organisasi dan Keanggotaan (POK) ini.

Anggota Tim Pilkada PAN Riau H Makmur Kasim SE MM Ak menambahkan, nama-nama yang lolos pada penjaringan akan dikirim ke DPP PAN. "Tidak ada istilah by pass kecuali memang dari DPD, DPW dan DPP. Bakal calon harus mengikuti setiap tahapan penjaringan," terangnya.

Sekretaris H Martius Busti SH MH mengaku optimis Partai PAN bisa memenangkan pilkada di 9 kabupaten/kota di Riau. Apalagi pada Pileg 17 April 2019 lalu, Partai PAN berhasil mengantarkan banyak kader terbaiknya.

Untuk Kabupaten Siak PAN berhasil meraih tujuh kursi. Kabupaten Meranti lima kursi, Rokan Hulu enam kursi, Kuansing empat kursi, Bengkalis enam kursi. Begitu juga daerah lainnya kader PAN juga banyak menjadi anggota DPRD. 

"Kabupaten Siak bupatinya adalah Ketua DPD PAN Siak. Kami optimis bisa melanjutkan periode berikutnya. Kuansing, Rohul, Pelalawan dan daerah lainnya kader PAN berpotensi menjadi kepala daerah. Kami optimis bisa memangkan Pilkada 9 Kabupaten/Kota," terangnya. rpz