Aksi Penelitian Cilik di SD Islam As-shofa


riaupotenza.com

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Murid kelas lima SD Islam As-shofa tampilkan berbagai penemuan karya ilmiah dalam Aksi Penelitian Cilik (APC) SD islam As- shofa 2019.

Kemarin, SD Islam As-shofa Pekanbaru kelas V melaksanakan persentase karya Ilmiah yang terbagi beberapa kelompok. Kegiatan ini sudah menjadi kegiatan wajib bagi anak kelas V (lima).

Kepala SD Islam As-shofa,  Drs Kamil Malano menjelaskan kegiatan APC ini adalah suatu kegiatan wajib bagi anak kelas lima. Dimana siswa-siswi melakukan sebuah penelitian, penemuan terbaru, bisa dari idenya sendiri atau mereka mencari ide dari YouTube, kemudian dengan bimbingan orang tua atau bimbingan guru, mereka  membuat sebuah presentasi dari hasil karyanya.

''Nah setelah penelitian itu, mereka mengemas dalam bentuk sebuah makalah, kemudian dipresentasikan didepan penguji, seperti yang sekarang berlangsung  dan ini adalah babak finalnya,'' ungkap Kamil, Sabtu (30/11/2019).

Kamil juga menambahkan, murid yang ikut APC ini semua anak kelas 5  dan kegiatan ini wajib untuk diikuti sebelum naik kekelas VI, mereka dibagi kepada beberapa kelompok ,dan kelompok persentasi semuanya diambil yang terbaik. Pada hari inilah  untuk final mencari kelompok yang terbaik.

Tujuan kegiatan APC ini menurut Kamil ada beberapa, pertama untuk  melatih keberanian anak untuk tampil, supaya mereka bukan cuma bisa menulis bisa membaca tapi mereka berlatih untuk tampil di depan publik untuk menyampaikan apa yang jadi hasil karya mereka , kedua melatih anak untuk kreatif  dan bertanggung jawab untuk suatu target yang harus diselesaikan pada tepat waktu .

Dengan kegiatan ini tentulah SD Islam As-shofa berharap anak anak akan dapat mengembangkan ide ide kreatif mereka, untuk bekal pengalaman sehingga anak anak sudah mendapatkan percaya diri dan berani.

mereka tidak cuman belajar dari ilmu sekolah , ilmu ini  dicari di mana-mana tapi mereka bisa menciptakan sesuatu yang baru dengan ide mereka sendiri, jadi anak yang bisa berpikir kreatif,dengan berpikir kreatif mereka bisa mengembangkan ilmu yang dia miliki bisa mencoba bisa melakukan eksperimen-eksperimen sampai mereka besar nanti. ym