Formasi Guru Paling Banyak Diminati Pelamar CPNS


riaupotenza.com

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Minat warga ingin masuk pegawai sangat tinggi, terutama guru. Buktinya, sehari menjelang penutupan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019, Kamis (28/11/2019), para pelamar masih terus mendaftarkan diri. Hingga Rabu (26/11) siang, jumlah pelamar CPNS 2019 mncapai 13 ribu.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pekanbaru, Masykur Tarmizi mengatakan, jumlah tersebut diperkirakan masih akan terus bertambah hingga waktu penutupan. 

"Sampai saat ini sudah mencapai lebih kurang 13 ribuan orang yang mendaftar. Tapi kan masih ada waktu sampai besok, mungkin akan terus bertambah," kata Masykur, Rabu (27/11/2019). 

Menurutnya, untuk para pelamar CPNS 2019 ini, hanya 12 ribu pelamar saja yang akan mengikuti SKD (seleksi kompetensi dasar) dan SKB (seleksi kompetensi bidang). Berarti hanya 12 ribu pelamar saja yang akan mengikuti tes. 

Sampai saat ini para pelamar masih banyak memilih untuk formasi guru. Sebab tahun ini formasi CPNS terbanyak ada pada formasi tenaga pendidik dan kesehatan. 

"Pelamar masih mengejar formasi guru. Sebab formasi itu yang  banyak dibutuhkan," jelasnya. 

Dijelaskannya, untuk tahapan awal di tahun 2019 ini hanya untuk pendaftaran dan seleksi administrasi masing-masing peserta. Pengumuman kelulusan seleksi administrasi akan diumumkan pada Desember 2019 nanti. 

Sementara untuk pelaksanaan tes atau seleksi kompetensi dasar, dan kompetisi bidang direncanakan baru dilaksanakan pada awal tahun 2020.

"Sekarang tahap awal baru sebatas pendaftaran dan seleksi adminstrasi CPNS saja. Sedangkan untuk seleksi kompetensi dasar dan bidang, kita rencanakan awal tahun 2020. Waktu dan tempatnya masih tentatif, belum kita pastikan," terang Tarmizi. 

Untuk penerimaan CPNS 2019 ini, penyelenggaraan SKD/SKB, akan dilakukan oleh daerah masing-masing, bukan lagi diselenggarakan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Masalah tempat pelaksanaan, Pemko berencana akan menyelenggarakan di gedung sekolah atau gedung lainnya. Namun, untuk soal tes tetap dari BKN. 

Ada 346 formasi CPNS 2019 yang diberikan pusat untuk lingkungan Pemko Pekanbaru. Formasi terbanyak diperuntukkan untuk tenaga pendidik, yaitu mencapai 235 formasi.

Dari jumlah tersebut dibagi lagi untuk formasi guru SD mencapai 166 formasi. Sedangkan untuk formasi guru SMP ada sebanyak 69 formasi. Sedangkan Tenaga Kesehatan sebanyak 24 formasi dan Tenaga Teknis 87 formasi. rpz