Kadiskes Optimis RSUD Madani Pekanbaru Berfungsi Optimal Awal 2020


riaupotenza.com

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru menargetkan akreditasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Madani Pekanbaru di awal tahun 2020. Pasalnya, RSUD yang berada di Jalan Garuda Sakti Kecamatan Tampan itu, masih dalam proses penyempurnaan bangunan gedung secara keseluruhan. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Muhammad Amin mengatakan, akreditasi dan pengoperasian pelayanan RSUD secara penuh ditargetkan dilakukan pada tahun 2020.

"Sampai saat ini beberapa alat kesehatan sudah memenuhi rumah sakit. Hanya saja sekarang kita fokus pembanngunan dan penyempurnaan pada bangunan agar lebih bagus lagi," Kata Amin, Selasa (19/11/2019). 

Menurutnya, saat ini ada beberapa gedung RSUD yang masih dalam pembangunan. Setelah selesai pembangunan itu kata Amin, maka mulai dilengkapi dan dipasangkan alat-alat kesehatan diruangan itu. 

Ia juga tidak menampik, beberapa alat medis masih belum mencukupi sepenuhnya. Masih ada beberapa alat medis yang harus dilengkapi oleh pihaknya. Namun, Amin mengaku optimistis dapat melengkapi kekurangan yang ada pada RSUD itu menjelang akhir tahun 2019 ini. Supaya di tahun depan sudah menjadi rumah sakit penuh dan layanan rawat inap pun sudah bisa beroperasi.

"Paling-paling lambat untuk layanan rumah sakit penuh, di semester pertama tahun 2020 lah. Namun kita upayakan secepat mungkin," jelas Amin.

Dijelaskannya, terkait pekerjaan pembangunan yang dilakukan saat ini di rumah sakit tersebut, hanya tinggal beberapa pekerjaan saja. Seperti pekerjaan mekanikal dan eletrikal yang perlu diperbaiki.

"Ada beberapa pemasangan lantai keramik yang belum selesai di ruang rawat inap dan labor. Untuk tahap penyelesaian itu, sudah mencapai 80 persen," pungkasnya. 

Meski RSUD tersebut belum di akreditasi, Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Madani saat ini sudah berfungsi. Rumah sakit itu menyiagakan satu dokter setiap malam. Sedangkan dokter lainnya, terutama spesialis, berpraktik pada siang hari.

pembangunan RSUD Madani sendiri dimulai pada tahun 2016 silam. Pada saat itu pembangunan gedung utama dan Instalasi Gawat Darurat (IGD), jaringan, pendingin udara, gas medis dan lift sudah selesai, dan telah diresmikan pada bulan Februari 2018 lalu. rpz