Polres-PT RAPP Join Gelar Pelatihan dan Pembekalan Penanggulangan Bencana Karlahut


riaupotenza.com
Atraksi memadamkan api pada saat pelatihan penanggulangan Karhutla kerjasama Binmas Polres Pelalawan dan PT RAPP.

PANGKALANKERINCI (Riaupotenza.com) - Tidak ada jaminan tahun 2020 mendatang Kabupaten Pelalawan terbebas dari Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Namun upaya pencegahan terus dilakukan. Jika tetap terjadi, maka Masyarakat Peduli Api (MPA) dan Personil polisi siap berjibaku dengan api. 

Salah satu upaya yang dilakukan, Sat Binmas Polres Pelalawan bersama PT RAPP (Riau Andalan Pulp And Paper) menyelenggarakan Pelatihan dan pembekalan peningkatan kemampuan dan penanggulangan bencana Karhutla tahun 2020, untuk masyarakat peduli api (MPA) dan Personil Polres Pelalawan. Untuk instrukturnya langsung oleh Fire and Aviation Team PT RAPP Kabupaten Pelalawan.

Kapolres Pelalawan AKBP M Hasyim Risahondua SIk MSi, Selasa (19/11/2019) mengaku sangat mengapresiasi dan berterimakasih atas kegiatan pelatihan dan Pembekalan yang di adakan PT RAPP ini. 

''Diharapkan kedepannya kegiatan seperti ini akan berkelanjutan sebagai bekal ilmu saat memadamkan api yang kita tahu sebentar lagi akan datang musim kemarau panjang yang lebih parah dibandingkan pada tahun 2015,'' ujarnya menyampaikan apresiasi dan prediksi musim kemarau oleh BMKG. 

Maka dari itu kedepannya lanjut Kapolres Pelalawan, diharapkan semua stakeholder yang ada di Kabupaten Pelalawan untuk saling membantu dan bekerja sama dalam menanggulangi karlahut khususnya di kabupaten Pelalawan. 

''Mari kita bersama mencegah terjadinya Karhutla dalam mendukung zero kebakaran di Kabupaten Pelalawan Tahun 2020,'' ajaknya.

Kegiatan ini berlangsung  di Aula Kantor Balai Pelatihan Dan Pengembangan Usaha Terpadu (BPPUT) Town Site II PT RAPP Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan. 

Kegiatan yang dihadiri oleh Kapolres Pelalawan AKBP Hasyim Risahondua SIK MSi juga Waka Polres Pelalawan Kompol Rezi Dharmawan SIk MIk, Kabag Ops Polres Pelalawan Kompol Daud Sianturi, Kasat Binmas Polres Pelalawan AKP Adi Pranyoto, SH, MH, dan juga seluruh PJU Polres Pelalawan, para Kapolsek Jajaran Polres Pelalawan, Kanit Binmas Polres Pelalawan dilaksanakan, Senin (18/11/2019). 

Sementara dari  pihak perusahaan dihadiri oleh Humas PT RAPP H Mabrur, Manager Fire Prevention PT RAPP  Sailal Arimi, Asisten Kepala Fire And Aviation PT. RAPP  Sulaiman dan Darel Yuliandi dan  Fire & Aviation Team PT. RAPP Bhabinkamtibmas Jajaran Polres Pelalawan, dan Masyarakat Peduli Api (MPA) se-Kecamatan Kab. Pelalawan.

Kegiatan peningkatkan kemampuan para Bhabinkamtibmas dan MPA sebutnya ini agar tahu bagaimana cara efektif dan cepat dalam mengatasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayahnya masing-masing.

Disisi lain, kegiatan ini juga bertujuan agar terwujudnya program Pemerintah Kabupaten Pelalawan pada tahun 2020 tidak ada lagi kebakaran hutan dan lahan serta secara bersama–sama menjaga Iklim Investasi terkhusus kabupaten Pelalawan serta agar dapat meningkatkan kinerja anggota Polri Khususnya Personil Polres Pelalawan secara Profesional dalam menciptakan situasi yang kondusif dalam hal penanganan kebakaran hutan dan lahan.

Disebutkan, peserta Pelatihan dan Pembekalan Peningkatan Kemampuan dan Penanggulangan Bencana Karhutla Tahun 2020 diikuti oleh Bhabinkamtibmas Polres Pelalawan sebanyak 73 orang, anggota Sat Sabhara Polres Pelalawan sebanyak 10 Orang, Masyarakat Peduli Api (MPA) Se-Kecamatan Kab. Pelalawan sebanyak 51 orang. amr