Bersama Rombongan MAN 1 dan As-Shofa

Rombongan Attarkiah Islamiah Thailand Bertemu Gubri


riaupotenza.com
Gubri diwakili Plh Sekdaprov Riau H Ahmad Syah Harrofie SH MH bersama rombongan MAN 1 Pekanbaru dan Attarkiah Islamiah Institute, Thailand.

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Program pertukaran pelajar (student exchange) dijalankan oleh dua sekolah, MAN 1 Pekanbaru dan Yayasan As-Shofa, dengan Perguruan Attarkiah Islamiah Narathiwat, Thailand. 

Rombongan dari tiga sekolah ini, Selasa (19/11/2019) bertamu ke Kantor Gubernur Riau. Mewakili Gubri, hadir Plh Sekdaprov Riau H Ahmad Syah Harrofie SH MH. Sedangkan pihak sekokah, hadir Kepala MAN 1 Drs H Marzuki, dan wakil As-Shofa, juga perwakilan dari Attarkiah Islamiah Narathiwat, Thailand. 

Turut juga hadir, Kakanwil Kemenag Riau diwakili oleh Kabid Pendidikan Madrasah Drs H Asmuni. Dan, jajaran komite sekolah, juga para guru serta perwakilan Alumni MAN 1 Pekanbaru Syamsuria dan Khairul Amri. Pertemuan hangat itu berlangsung di lantai 8 kantor Gubri, Jalan Jendral Sudirman Pekanbaru. 

Pada kesempatan ini, pihak Attarkiah merasa sangat tersanjung dengan penerimaan dari pihak Pemprov Riau. Menurutnya, ini tidak disangka akan seperti itu, dan sebagai bentuk syukur karena Melayu dan Islam berkembang baik di Riau. Sebagai saudara se-Islam, mereka berharap hubungan baik seperti ini bisa terus dilanjutkan. 

Perwakilan As-Shofa menyampaikan, bahwa ini adalah program rutin tahunan. Pihaknya, saat ini menerima tamu dari tingkat SD dan SMA yang berasal dari Provinsi Narathiwat, Thailand. Ia berharap agar Pemprov Riau bisa mendukung program ini, agar ke depan SDM Riau bisa menjadi lebih unggul. 

Sementara itu, Kepala MAN 1 Marzuki menjelaskan, bahwa sebelum rombongan ini ke Pekanbaru, terlebih dahulu siswa MAN 1 sudah berkunjung ke Attarkiah. Dan, ini kata dia, adalah bentuk dari kunjungan balasan. Ia merasakan, bahwa program ini sangat baik. Sebab, anak-anak didik ini akan bertukar pengalaman dan tentu akan menjadi pengalaman sangat berharga bagi mereka. 

Penerimaan dari Gubri lewat Plh Sekda ini, pun mendapat sambutan baik dari Kanwil Kemenag Riau. "Kami merasa senang dan berharap ke depan dukungan terus ada dari Pemprov Riau. Bagaimana pun, program ini bisa menjadikan SDM Riau ini unggul di masa depan," kata Asmuni menimpali. 

Pada kesempatan ini, Plh Sekda Ahmad Syah menjelaskan beberapa hal tentang Riau dan Indonesia. Salah satunya tentang sistem pemerintahan. Dimana Indonesia adalah negara demokrasi dengan sistem presidensial. Sementara Thailand adalah kerajaan dan demokrasi. 

"Indonesia dipimpin oleh Presiden. Di bawahnya, ada gubernur, bupati dan wali kota, sampai ke kecamatan, desa/kelurahan hingga RW dan RT. Sedangkan legislatifnya, ada DPR di pusat dan DPRD di masing-masing daerah," jelas Ahmad Syah panjang lebar.

Pemprov kata dia, sangat mendukung program seperti ini. Malah ia meminta Disdik provinsi untuk coba membuat program scholarship atau beasiswa bagi anak-anak Riau yang bisa belajar ke Thailand, dan begitu pula sebaliknya.

Akhir pertemuan ini ditandai dengan bertukar cenderamata. Foto bersama pun membuat suasana akhir pertemuan semakin akrab. btr