Sudah Zaman IT, Ketua APRI Ajak Stakeholder KUA Tingkatkan Kompetensi


riaupotenza.com
H Suhardi MAg

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Kementrian Agama (Kemenag) Kota Pekanbaru melalui seksi Bimas Islam melakukan kegiatan Bimtek Layanan KUA berbasis IT, Sabtu (16/11/2019). 

Acara yang dilaksanakan di aula Kemenag Pekanbaru itu dihadiri oleh  kepala KUA, penghulu dan operator Simkah se kota Pekanbaru. Sebagai narasumber, kepala Kankemenag Drs H Edwar S Umar MAg, Kasubag TU Drs H Efrion Efni M Pd dan juga Ketua Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Provinsi Riau, H Suhardi SAg MA.

Dalam presentasinya Suhardi mengajak, seluruh beserta untuk senantiasa sadar akan perubahan. Sadar bahwa sekarang adalah zaman teknologi informasi. 

Kesadaran itu tidak hanya sebatas di tangan dan pandangan, tapi juga dalam pikiran dan tindakan. Kesadaran ini lanjut pria yang hobi menulis ini berkorelasi dengan keinginan untuk peningkatan kompetensi diri sebagai aparatur. 

Apalagi selama ini ada yang beranggapan bahwa kalau operator sudah mampu menjalankan aplikasi berbasis IT, untuk apalagi penghulu atau kepala KUA membekali dengan kompetensi teknis. 

Padahal lanjut Suhardi pemimpin era informasi harus memiliki dua kompetensi. Tidak cukup dengan soft competency saja tapi juga harus memiliki hard competency. Untuk itu harapnya penguasaan teknologi dalam memberikan layanan kepada masyarakat harus benar dikuasai sehingga dampak penggunaan teknologi informasi dirasakan langsung kemudahannya oleh masyarakat. 

Kepala KUA Teladan Kemenag Pekanbaru 2019 ini juga membimbing dan mempraktekkan langsung cara pengoperasian Simkah Web dan aplikasi PNBP-NR. Kegiatan ini mendapat respon dari  peserta dan berharap ke depan akan ada lagi kegiatan serupa agar kompetensi aparatur meningkat dan terasah dengan baik. rpz