Anggota DPD/MPR RI Intsiawati Ayus Kunjungi Desa Limau Manis

Kampung KB, Penggerak Kesejahteraan Masyarakat


riaupotenza.com
Kades Limau Manis A Manaf saat menerima anggota DPD/MPR RI Intsiawati Ayus (jilbab putih) di Kantor Desa Limau Manis.

LIMAUMANIS (Riaupotenza.com) – Keluarga Kecil berkualitas penting diwujudkan. Hal ini guna menunjang kualitas hidup masyarakat di tingkat pedesan. Untuk itu, pemerintah secara nasional membuat terobosan Kampung KB. Diharapkan Kampung KB merupakan salah satu motor penggerak kesejahteraan masyarakat.

Demikian dikatakan Jusmanidar SE kepada wartawan disela-sela kunjungan anggota DPD/MPR RI Hj Instiawati Ayus ke Desa Limau Manis, Kecamatan Kampar, Kamis (14/11/2019). Dikatakan Jusmanidar, Kampung KB bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat desa atau yang setara dengan program KKBPK serta pembangunan sektor lain dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

“Kampung KB di Desa Limau Manis telah beberapa kali memenangkan ajang lomba di level Kabupaten Kampar dalam Harganas Tingkat Kabupaten Kampar, Lomba Poktan BKR juara 1, Lomba BKB HI juara 2, Lomba Poktan BKL juara 2, Lomba UPPKS juara 3, pada Harganas ke 26 tahun 2019,” kata Jus lagi.

Lanjut Jusmanidar, “Alhamdulillah, Prestasi Kampung KB Limau Manis telah menembus 5 (lima) besar Tingkat Nasional, dalam rangka Gebyar HUT ke 47 RI tahun 2019. Dan, jenis kegiatan-kegiatannya sejak 2017 itu terbentuk 5 kelompok jenis kegiatan, yakni Kegiatan BKB HI Delima,  BKR Harapan Bangsa, BKL Harapan Sehat, UPPKS Berkah Delima, PIK Remaja Teladan jalur pendidikan," jelasnya. Semua keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan Abdul Manaf selaku Ketua Pokja Kampung KB, yang sekaligus Kepala Desa Limau Manis.

"Terkait itu, maka kita dirikan RUMAH DATAKU di Desa Limau Manis ini. Tujuan didirikannya Rumah Dataku adalah sebagai pusat penyajian Data-data KB dan kependudukan serta data-data pembangunan Keluarga," tambahnya.

Kampung KB Dicanangkan 10 Oktober 2017, Limau Manis ditunjuk sebagai Kampung KB karena partisipasi masyarakat atas program KB di Limau Manis dinilai rendah disamping daerah Limau Manis terletak di pinggiran Sungai. Pada awalnya peserta KB 57,07 persen. Setelah berjalan 2 tahun meningkat menadi 67,23 persen.

Pada kesempatan ini, hadir Anggota DPD/MPR RI Hj Intsiawati Ayus. Perempuan berkacamata ini menyampaikan apresiasinya atas prestasi-prestasi yang diraih Desa Limau Manis terkait  program pemberdayaan ekonomi keluarga, program KB serta lainnya.

“Prestasi ini mesti ditingkatkan. Mengingat peran masyarakat untuk kemandirian keluaga mutlak disadari oleh komponen masyarakat sendiri, disamping peran pemerintah. Saya apresiasi tinggi atas komitmen Desa Limau Manis dalam ukir prestasi,” ungkap Intsiawati. rls/rpz