Sumbar Expo di Kota Medan

Stand Bengkalis Promosikan Tanjak dan Kerajinan Tangan


riaupotenza.com
Kepala Bidang Promosi dan Penanaman Modal Muhammad Ali Ibrahim bersama pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bengkalis saat berada di depan Stand Bengkalis “Sumatera Barat Expo” ke-8 Tahun 2019 di Lapangan Medan Merdeka, Kota Medan, Sumatra Utara, Kamis (14/11/2019).

BENGKALIS (Riaupotenza.com) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis ikut meramaikan “Sumatera Barat Expo” di Medan, Sumatra Utara. Sesuai agenda kegiatan itu berlangsung dari tanggal 14-17 November 2019. Tak tanggung-tanggung, Bengkalis mengusung tema kerajinan tangan pada stand yang terpajang di Lapangan Merdeka dipembukaan, Kamis  (14/11/2019).

“Pada Expo ini, DPMPSP dan Dekranasda Kabupaten Bengkalis tampil dengan stand bertemakan hasil kerajinan tangan, seperti Tanjak, Dompet, Mainan kunci, Asbak rokok dari tempurung kelapa, kerupuk ampelang tenggiri dan lempuk durian. Kemudian keripik tempe, kerupuk ikan dan udang, keripik ubi khas dan mie sagu,” ujar Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPMPSP) Kabupaten Bengkalis Basuki Rakhmad, AP MSi melalui Kepala Bidang Promosi dan Penanaman Modal Muhammad Ali Ibrahim, Jumat (15/11/2019).

Menurut Ali Ibrahim, stand Bengkalis pada kegiatan ini cukup lebar. Sehingga Bengkalis, bisa menampilkan lebih banyak hasil kerajinan tangan serta makanan khas negeri Junjungan. Stand Bengkalis ternyata banyak disinggahi oleh para pengunjung atau wisatawan lokal.

“Ini merupakan salah satu upaya kita untuk mempromosikan peluang investasi di Kabupaten Bengkalis karena ini merupakan yang pertama kalinya mengikuti pameran di Kota Medan,” ujarnya.

Lebih lanjut Ali Ibrahim menjelaskan, jika pameran ini merupakan ajang untuk memamerkan potensi Daerah, sekaligus mendekatkan diri kepada calon investor maupun wisatawan.

”Ini adalah pertama kalinya mengikuti pameran di Kota Medan. Ada banyak potensi Daerah yang dimiliki Kabupaten Bengkalis namun belum dikelola dengan baik, sehingga diperlukan promosi untuk menarik minat investasi,” kata Ali.

Dibuka Resmi Gubernur Sumatera Barat Sumatera Barat Expo ke-8 Tahun 2019 yang dibuka resmi oleh Gubernur Sumatera Barat Prof Dr H Irwan Prayitno SPsi MSc atau disapa Datuak IP juga diramaikan 88 peserta dari berbagai daerah provinsi, kabupaten/kota se-Indonesia. 

Event yang mengambil tema membangkitkan Sumatera Barat untuk Indonesia maju tersebut sebagai bentuk komitmen Pemerintah Sumatera Barat dalam mewujudkan Good Governance serta merangkai Persatuan dan Kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan pada tahun 2018 lalu mengadakan Sumbar Expo di Kota Makassar dan tahun ini memilih Kota Medan sebagai tempat pelaksanaan pameran yang selalu berbeda tiap tahunnya.

Selanjutnya Gubernur Sumatera Utara yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara Dr Ir Hj R Sabrina MSi mengatakan event ini akan menjadi momentum baik bagi Kedua Daerah untuk sama-sama mengetahui dan belajar banyak hal tentang kebudayaan masing-masing. adv/kar