DPRD Siak Periode 2019-2024 Miliki 8 Fraksi


riaupotenza.com
Pembukaan Orientasi Anggota DPRD Siak yang diselenggarakan pada Senin malam/21 Oktober 2019 kemaren di Gedung Serindit Gubenur Riau yang dibuka oleh Pj Sekretariat Daerah Provinsi Riau, H Ahmad Syah Harrofie.

SIAK (Riaupotenza.com) - Sejak dinyatakan definitif pada 16 September 2019 lalu, DPRD Siak terus berbenah. Mulai dari penetapan ketua sementara, mengunumkan usulkan nama-nama calon pimpinan definitif hingga pembentukan fraksi-fraksi.

Ada 8 Fraksi, di DPRD Siak. Hal ini sebagaimana diumumkan dalam Paripurna ke-1 masa sidang pertama yang dipimpin ketua sementara, Zulkifki pekan kemarin, Senin (23/9/2019).

Adapun ke-8 Fraksi tersebut adalah:
1. Fraksi Golkar. Ketuanya Zulkifli
2. Fraksi PAN. Ketuanya Gustimar
3. Fraksi Gerindra. Ketuanya Paramananda Pakpahan
4. Fraksi PDIP. Ketuanya Rakip
5. Fraksi Keadilan Sejahtera. Ketuanya Sudarman
6. Fraksi Partai Demokrat. Ketuanya Syamsurizal
7. Fraksi Kebangkitan Pembangunan. Ketuanya Muhtarom
8. Fraksi Hanura Nasional (Hanas). Ketuanya Rusmin. 

Sekretaris DPRD Siak, Amrul menyebutkan, fraksi-fraksi di DPRD dimaksudkan untuk mengoptimalkan pelaksanaan fungsi serta tugas dan wewenang DPRD serta hak dan kewajiban anggota DPRD.

Fraksi-fraksi, lanjutnya, juga sebagai wadah berhimpun anggota DPRD. Setiap anggota DPRD wajib menjadi anggota salah satu Fraksi. Setiap fraksi di DPRD beranggotakan paling sedikit 4 (empat) orang atau sama dengan jumlah komisi di DPRD. 

Partai Politik yang jumlah anggotanya di DPRD mencapai ketentuan sebagaimana dimaksud atau lebih dapat membentuk satu fraksi. 

Sementara dalam hal partai politik yang jumlah anggotanya di DPRD tidak memenuhi ketentuan sebagaimana diimaksud, anggotanya dapat bergabung dengan fraksi yang ada  atau membentuk fraksi Gabungan.

Fraksi Gabungan sebagaimana dimaksud dibentuk berdasarkan kesepakatan atau keputusan bersama. Dalam hal tidak ada satu partai politik yang memenuhi persyaratan untuk membentuk fraksi, maka dibentuk fraksi gabungan. 

Jumlah fraksi gabungan paling banyak dua fraksi. Partai politik harus mendudukkan anggotanya dalam satu fraksi. 

"Pembentukan fraksi dilaporkan kepada pimpinan DPRD untuk diumumkan dalam rapat paripurna DPRD.  Fraksi yang telah diumumkan dalam rapat paripurna bersifat tetap selama masa keanggotaan DPRD", beber Amrul, ditemui disela gelaran Paripurna ke-2 tentang pengambilan sumpah janji pimpinan DPRD di Gedung Panglima Ghimbam DPRD Siak, Senin (30/9/2019).

Adapun tugas dan wewenang Fraksi, dijelaskan Amrul sebagai berikut:

Menyalurkan dan memperjuangkan aspirasi masing-masing anggota fraksi.

Menentukan dan mengatur segala sesuatu yang menyangkut urusan fraksi.

Meningkatkan kualitas, kemampuan, efisiensi dan efektifitas kerja para anggota.

Memberikan pandangan umum tentang pengambilan keputusan persetujuan atau penolakan atau kebijakan yang lain.

Memberikan pertimbangan kepada pimpinan DPRD mengenai hal-hal yang dianggap perlu berkenaan dengan bidang tugas DPRD baik diminta atau tidak diminta. rpz