Gunakan Plat Mobil Bodong, Pembawa 33 Tim Rokok Ilegal Diamankan


riaupotenza.com
Polisi menunjukkan 33 kardus rokok tanpa cukai dan mobil yang mengangkutnya diamankan di Polres Pelalawan.

PANGKALANKERINCI (Riaupotenza.com) - Niat hati mengelabui polisi dengan menggunakan plat mobil bodong. Tapi akal bulus ini tak bisa menipu petugas. Alhasil, 33 tim rokok tanpa cukai merk Luffman dan satu unit mobil Innova dengan nomor polisi palsu BM 4146 TO diamankan Polres Pelalawan.

''Awalnya anggota curiga karena plat mobil yang melintas itu biasanya plat sepedamotor. Setelah dihentikan ternyata isi mobil itu 33 kardus rokok tanpa cukai,'' jelas Kapolres Pelalawan AKBP M Hasyim Risahondua,S.Ik melalui Kasat Reskrim AKP Teddy Adrian SH SIk, Kamis (7/11/2019).

‘’Saat ini masih dalam pengembangan mobil serta barang bukti rokok tanpa pita cukai masih diamankan dan masih dikembangkan,’’ imbuh Kasat Reskrim didampingi Paur Humas Iptu Ery Harianto SH sambil menyebutkan sopir mobil Toyota Kijang Innova inisial MJ juga ikut diamankan di Mapolres Pelalawan. 

Menurutnya, rokok asal luar negeri itu diketahui berasal dari Tembilahan Inhil yang akan dibawa ke Duri, Kabupaten Bengkalias.

Dikatakan, berhasilnya polisi menggagalkan peredaran rokok ilegal untuk kedua kalinya dalam waktu dekat ini berawal ketika sekira pukul 07. 30 WIB, Rabu (6/11/2019) anggota Satlantas Polres Pelalawan Aipda Safril Marpaung bermaksud meluncur ke Mapolres Pelalawan.

Dalam perjalanan anggota Satlantas ini melihat 1 unit mobil Innova warma hitam yang melintas di Jalan Lintas Timur Simpang Kualo. Mobil tersebut mencurigakan karena memakai plat nomor yang janggal dan diduga palsu yaitu BM 4146 TO. Karena nomor polisi tersebut diperuntukkan pada kendaraan sepeda motor. 

Melihat kejanggalan tersebut, polisi  langsung mengejar mobil tersebut. Setelah agak cukup jauh beberapa kilometer akhirnya di Jalan T Said Ja'afar, Kelurahan Pangkalan Kerinci Barat Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, persisnya di depan Islamic Center Masjid Agung Ulul Azmi, mobil itu berhasil dihentikan.

Setelah dilakukan pemeriksaana terhadap sopir inisial MJ. Kecurigaan polisi pun terbukti. Karena dari dalam mobil ditemukan 33 kardus rokok Luftman tanpa pita cukai yang dibawa dari Tembilahan-Inhil tujuan Duri-Bengkalis. 

‘’Setiap orang menawarkan, menyerahkan, menjual, atau menyediakan untuk  dijual barang kena cukai yang tidak dikemas untuk penjualan eceran atau tidak dilekati pita cukai atau tidak dibubuhi tanda pelunasan cukai lainnya, maka diancam Pasal 54 Undang-undang Nomor 39 Tahun 2007 tentang Cukai,’’ ungkap Kasat Reskrim menyebut pasal yang akan menjerat pelaku rokok illegal tersebut. amr