Jamal: Peran Orangtua dalam Proses Pendidikan Sangat Diperlukan

SMPN 4 Pekanbaru Raih Predikat SKK dari Kemendikbud RI


riaupotenza.com
Kadisdik Pekanbaru, Abdul Jamal MPd.

PEKANBARU (RPZ)-Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Pekanbaru, Abdul Jamal MPd menyebutkan, dunia pendidikan Kota Pekanbaru kembali menorehkan prestasi membanggakan di kancah nasional. Terbaru, SMPN 4 Pekanbaru berhasil meraih predikat Sekolah Sahabat Keluarga (SKK) Tingkat Nasional 2019 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

''Alhamdulillah, dari 5 sekolah se-Indonesia yang divisitasi oleh tim penilai, SMPN 4 Pekanbaru berhasil menjadi yang terbaik. Insya Allah penghargaan ini akan diserahkan langsung oleh Kemendibud RI, Nadiem Makarim di Balai Kartini pada Malam Apresiasi PAUD dan Pendidikan Keluarga besok malam (hari ini, red),'' ujar Jamal kepada Pekanbaru Pos, Selasa (5/11) di ruang kerjanya.

Diakui Jamal, Disdik Pekanbaru berkomitmen menjalankan segala program kementerian dalam lingkungan sekolah. Mulai dari Sekolah Adiwiyata, Sekolah Sehat, Sekolah Literasi, Sekolah Mutu hingga Sekolah Sahabat Keluarga. Bahkan, berbagai program tersebut telah berjalan baik hampir di seluruh sekolah yang berada di Pekanbaru, khususnya yang berada di naungan Disdik Pekanbaru.

''Sekolah harus menyadari betul selain guru ada peran besar dari wali murid dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah. Pendidikan berfungsi untuk mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan dan martabat manusia Indonesia dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Hal itulah yang membuat kami (Disdik Pekanbaru, red) terus mendorong sekolah untuk berupaya meningkatkan kualitas anak didiknya yang berarti pula meninggikan derajat manusia Indonesia agar setara dengan bangsa lain,'' terang Jamal.

Jamal menjelaskan, peningkatan pendidikan tersebut bukan hanya meningkatkan kemampuan guru untuk memberikan pelajaran, melainkan keterlibatkan keluarga. Mengingat sepulang sekolah pengawasan terhadap murid, sepenuhnya berada di
tangan keluarga. Sehingga dengan peran serta keluarga khususnya orang tua atau wali murid, yang terus mengawasi demi mendukung proses pendidikan sangat diperlukan untuk kesuksesan siswa bersangkutan.

''Peran serta orang tua dalam proses pendidikan sangat perlu. Semoga raihan prestasi SMPN 4 Pekanbaru semakin memotivasi sekolah lain di Pekanbaru untuk terus meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. Tentunya dengan menjalin
hubungan yang baik dengan orang tua serta instansi lainnya,'' beber Jamal.(yan)