Gesa Pekerjaan, Perkim Optimis Selesaikan DAK 2019 Tepat Waktu


riaupotenza.com

BAGANSIAPIAPI (Riaupotenza.com) - Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman sekarang ini sedang menggesa pekerjaan kegiatan dari kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) 2019. Untuk kegiatan ini, Perkim sangat optimis bisa menyelesaikan tepat waktu.

Dikatakan Kepala Dinas Perkim, Zulfahmi ST MT melalui PPTK kegiatan Tito Satria ST, Selasa (5/11/2019), saat ini progres pelaksanaan kegiatan DAK tersebut berkisar 50-60 persen. Meski adanya sedikit kendala, namun tidak menyurutkan semangat.

Dipaparkan Tito, adapun kendala yang sempat dialami ialah masalah sumur bor yang mengalami keterbatasan tukang bor. "Kendala kita di situ. Jadi mengantri mengerjakan yang lainnya. Kemudian juga pindah titik karena sumber air belum jumpa. Ditargetkan selesai pertengahan Desember," kata Tito.

Kendati kendala lainnya yang membuat kegiatan sempat terhenti kurang lebih dua bulan lalu, pertama soal review APIP dan penyaluran tahap kedua.

"Sekarang kembali dilanjutkan pengerjaan, untuk air minum sedang menyiapkan tower dan pengerjaan sumur bor. Sedangkan kegiatan sanitasi sedang menyiapkan MCK dan sumur bor," sebutnya.

Lanjut Tito, bahwa selanjutnya pihaknya terus menggesa untuk persiapan pencairan dana tahap ketiga untuk menuntaskan kegiatan, karena waktu kegiatan tinggal kurang lebih dua bulan lagi. Adapun kegiatan sanitasi dan air bersih serta MCK ini bertujuan untuk menyelesaikan lingkungan kumuh dan air bersih.

"Ada banyak yang didapat dari program ini. Terutama mengubah mindset masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Yang jelas bagaimana kita menyelesaikan lingkungan besih dan tidak kumuh lagi. Karena kita bisa mensosialisasi secara langsung bagaimana MCK standar nasional dan menjaga kebersihan dari sanitasi ini," pungkasnya. adv