Atasi Banjir, Bupati Perintahkan Bongkar Saluran yang Tersumbat


riaupotenza.com
Bupati H Suyatno tinjau drainase yang tersumbat.

BAGANSIAPIAPI (Riaupotenza.com) - Guna mengatasi banjir yang terjadi di seputaran kota Bagansiapi-api dan sekitarnya, Bupati Rohil H Suyatno AMp memerintahkan dinas terkait untuk membongkar sejumlah titik saluran air (Drainase) yang tersumbat.

"Beberapa minggu lalu saya telah menginstruksikan kepada Dinas Lingkungan Hidup dan PUTR untuk membongkar drainase di sudut lapangan KONI yang membentang di Jalan Koni ini," kata Suyatno.

Dibongkarnya drainase di sudut Jalan Koni itu, kata Suyatno merupakan salah satu titik saluran yang tersumbat. Karena diindikasi terjadinya banjir di lapangan KONI, Masjid Agung dan sekolah dikarenakan kondisi saluran air di sini yang tersumbat. "Makanya saya perintahkan untuk dibongkar," ucap Yatno.

Bupati berharap, mudah-mudahan dengan dibongkarnya drainase yang lama ini. Dirinya mengaku memang dulu saat membangun main timbun saja dan akhirnya menimbulkan kebanjiran. "Insya Allah setelah dibuka airnya terlihat mengalir arah ke Barat. Makanya saya yakin, apabila telah dibongkar maka lapangan KONI, masjid Agung dan TK serta lingkungan sekolah lainnya tidak lagi kebanjiran. Pasti kering," akunya optimis.

Lanjut Suyatno, ada beberapa titik lagi saluran air di lingkungan kota akan dibongkar. Seperti di Jalan Nelayan, Jalan Koni, di samping dr Pang, dan banyak lagi titik-titik yang akan dibongkar.

"Inilah salah satu upaya bagaimana Bagansiapi-api ini tidak banjir. Termasuk sungai pabrik juga akan dibongkar, hanya menunggu waktu saja lagi," ungkapnya.

Kepada masyarakat bupati mengimbau, agar tidak lagi membuang sampah sembarangan, dan letaklah sampah pada tempat yang sudah disediakan. Diingatkan lagi, janganlah membuang sampah di dalam parit, apakah itu kotoran, sampah plastik dan lain sebagainya itu yang akan membuat tersumbatnya jalan air di got yang ada di seputaran kota Bagansiapi-api.

"Ayo kita sama-sama menjaga lingkungan kita, kota kita dan lain sebagainya. Jangan membuang sampah sembarangan di parit apalagi sampah plastik," pungkasnya. adv