Tingkatkan Pendapatan Pajak, Bapenda Mulai Sasar Restoran dan Rumah Makan


riaupotenza.com
Zulhelmi A

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru menyisir sejumlah Rumah Makan dan Restoran dikawasan Jalan Arifin Ahmad-Paus mulai Selasa (22/10) malam. Kegiatan itu dilakukan guna meningkatkan capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak Restoran. 

Sebanyak 364 orang dari tim gabungan Bapenda Kota Pekanbaru bakal turun untuk melakukan validasi data maupun memberikan peringatan terhadap wajib pajak. 

"Kita akan turun malam ini. Sasaran kita disepanjang jalan Arifin Ahmad dan Paus. Karena disitu kita anggap yang berpotensi setelah kita turun kemarin di Jalan Riau," kata Kepala Bapenda Pekanbaru Zulhelmi Arifin, Selasa (22/10/2019). 

Ia menyebut, ada tiga sektor pajak yang potensial menjadi target untuk menggenjot nilai PAD. Yaitu Dari sektor pajak Restoran, Reklame, dan pajak air tanah. 

"Rumah makan dan Restoran yang kita sasar. Mereka yang beromzet diatas Rp15 juta per bulan. Itu yang kita kenakan pajak," jelasnya. 

Ia mengatakan, untuk sepanjang jalan Arifin Ahmad terdapat 52 Restoran dan rumah makan yang akan dilakukan validasi data oleh bapenda. Mereka akan didata apakah dikenakan pajak atau mereka menunggak pajak. Sementara untuk di jalan paus ada 24 restoran dan rumah makan. 

Menurutnya, saat ini Bapenda telah berhasil mengumpulkan PAD senilai Rp511 Miliar, dari 10 sektor pajak yang ada. 

Dengan rincian, pajak hotel Rp32,6 Miliar, Restoran Rp96,4 Miliar, Pajak Hiburan Rp17,8 Miliar, Pajak Reklame Rp25,9 Miliar, Pajak Penerangan Jalan (PPJ) Rp89 Miliar, Pajak parkir Rp17 Miliar, Pajak Air tanah Rp2,6 Miliar, pajak Sarang walet Rp123 juta, BPHTB Rp106 Miliar, PBB Rp120 Miliar. 

"Sampai hari ini kita sudah capaian kita sudah mencapai Rp511 Miliar. Menunjukkan trend yang positif pada tahun lalu, dimana tahun lalu per Desember hanya mencapai Rp503 Miliar," terang Zulhelmi. 

Artinya, Bapenda harus bisa mengejar potensi dari 10 sektor pajak Rp285 Miliar. Agar mencapai target yang ditetapkan oleh Pemerintah Kota Pekanbaru sebesar Rp796 Miliar. rpz