Praktik Hari Ketiga di MI Al Ikhwan

Diseminasi MI, SD Swasta Sukses Beri Manfaat Pada Guru


riaupotenza.com
Peserta pelatihan bersama Kepala Madrasah dan Fasdos setelah kegiatan Praktik baik dan budaya baca yg di laksanakan LPT di MI Al Ikhwan Pekanbaru

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Pembelajaran dikelas untuk saat ini, tidak dikenal monolog atau diaolog lagi. Hal tersebut sudah dianggap tertinggal dan akan memperlambat siswa dalam menerima pelajaran setiap hari  dari guru. Kedepanya sudah digunakan metode kelas yang aktif, kreatif dan inovatif agar pembelajaran diruang kelas menjadi hidup, menyenangkan  serta mudah diserap siswa.

Fasilitator Dosen (Fasdos) Subhan SAg  MAg, dari LPTK UIN Suska Riau yang bekerja sama dengan tanoto Foundation menyampaikan dalam membina MI/SD, SMP Swasta se Kota Pekanbaru perlu adanya praktik baik bagi kepala sekolah dan majelis guru dalam menerapkan pembelajaran yang aktif diruang kelas, Senin (14/09/2019).

Diseminasi artinya menyebarluaskan praktik baik yang telah diterapkan tanoto foundation, mengenai budaya baca, dan literasi dalam mengabgrade  guru guru untuk berkompetensi dibidangnya masing masing.

Kegiatan ini diikuti 50  peserta dari MI/SD Swasta se Kota Pekanbaru. Dan enam dosen yang mengajar dibidang PGMI. "Kita laksanakan acara  selama tiga hari , pembukaanya Sabtu (12/10/2019) di Hotel Mona Plaza Jalan Soebrantas, Kecamatan Tampan". Ujar Subhan.

Siswa yang  aktif, kreatif, dan  inovatif dikelasnya nanti,  maka diseminasi yang  jalankan tersebut berhasil di manfaatkan guru di kelas. Dan  program tersebut sejalan dengan kurikulum 2013, dimana terdapat Literasi, penguatan pendidikan karakter siswa, Ungkap Subhan.

Lebih jauh Subhan memaparkan, pendekatan yang dilakukan oleh tanoto foundation ini, dilaksanakan dengan cara menyenangkan, praktis dan lebih simple.  sehingga mudah dipahami dan mengimplementasikanya kepada siswa. "Diseminasi ini kami laksanakan selama  3 hari. Pertama teori, workshop, dan praktiknya hari ketiga di MI Al Ikhwan Tenayan Raya. Hari ini tentang budaya membaca," katanya.

Nurhadi SPd menyambut baik kegiatan diseminasi praktik baik untuk tingkat MI/SD se Kota Pekanbaru dilaksanakan di lingkungan sekolahnya. Karena dapat menambah ilmu pengetahuan majelis gurunya yang belum mendapat pelatihan dari LPTK UIN Suska Riau.

Ada 6 Mitra dari LPTK UIN Suska saat ini yang mengikuti praktik baik, diantaranya MI Al Ikhwan, MI Al Barokah, MI Muhammadiyah 3, MI Darel Ulum, MI Istiqomah, MI Miftahudin, dan SD Insan Madani, dan alhamdulillah saat ini hadir masing masing kepala sekolah dalam mengawasi majelis gurunya, Tutup Nurhadi. jel