Dukung UMKM, Baznas Gelontor Bantuan Lebih Rp42 Juta


riaupotenza.com
Saat penyerahan bantuan zakat Produktif kepada mustahik di Desa Tolam, Pelalawan.

PELALAWAN (Riaupotenza.com) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pelalawan terus berkiprah membantu memperkuat ekonomi ummat. Dengan bekal dana yang juga berasal dari ummat, terutama bersumber dari zakat. Tak hanya bantuan konsumtif tapi juga bantuan produktif untuk meningkatkan usaha mustahik. 

''Untuk penyaluran zakat terbaru, kami menyalurkan bantuan sebesar Rp42.400. 000 di Kecamatan Pelalawan,'' jelas Ketua Baznas Kabupaten Pelalawan, H Eddi Amran Lc MA, Senin (14/10/2019).

Dikatakan Buya Eddi sapaan akrabnya, kegiatan penyaluran zakat produktif bertempat di Desa Kuala Tolam dan Sei Ara Kecamatan Pelalawan. ''Adapun bantuan Zakat Produktif yang disalurkan senilai Rp 42 juta lebih itu untuk beberapa orang mustahik perorangan dari beberapa desa terkait,'' jelasnya.     

''Mustahik penerima bantuan zakat Produktif ini terutama yang memiliki usaha kecil menengah dan tergabung dalam UMKM Binaan Baznas sebanyak 14 jiwa,'' imbuh Ketua Baznas Kabupaten Pelalawan. 

Menurut peraih Penyuluh Agama Islam Teladan kategori non PNS tingkat Provinsi Riau tahun 2019 ini, ada pun bantuan yang diberikan seperti bantuan kedai harian, usaha menjahit, ternak dan usaha kecil menengah lainnya berupa bantuan modal usaha dan pembelian kebutuhan usaha mustahik. 

''Tujuannya, demi meningkatkan perekonomian mereka,'' tutur Eddi sambil menyebutkan saat penyaluran ikut dihadiri kepala desa setempat, UPZ  Kecamatan Pelalawan.

''Bantuan produktif ini seiring pula dengan program dari Pemkab Pelalawan dalam kaitan meningkatkan ekonomi masyarakat melalui UMKM dari Dinas terkait. Mari salurkan zakat melalui Baznas in syaa Allah akan kami kelola dengan profesional,'' pungkas Buya Eddi Amran. amr