Kanal Lahan Gambut Wilayah Pulau Rupat Diperbanyak


riaupotenza.com
Kepala Badan Restorasi Gambut RI Nazir Foead (kemeja putih) didampingi Plt. Kepala Bappeda Kabupaten Bengkalis Yuhelmi mengunjungi wilayah pulau Rupat dalam rangka meninjau pembangunan sekat kanal yang berada di Kelurahan Pergam dan Kelurahan Terkul Kecamatan Rupat.

RUPAT (Riaupotenza.com) - Pembangunan sekat kanal di wilayah Pulau Rupat diperbanyak. Hal itu dilakukan dalam rangka penanggulangan akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Riau secara umum dan Kabupaten Bengkalis secara khusus. 

Untuk penangulangan itu, Kepala Badan Restorasi Gambut RI Nazir Foead mengunjungi wilayah pulau Rupat. Dalam kesempatan tersebut Kepala BRG RI bersama Pemerintah Kabupaten Bengkalis berkesempatan juga melakukan peninjauan langsung untuk melihat secara dekat pembangunan sekat kanal yang berada di Kelurahan Pergam dan Kelurahan Terkul Kecamatan Rupat.

Lokasi Pembangunan Sekat Kanal dipilih berdasarkan kegiatan Survei, Investigasi dan Desain (SID) dan Detail Engineering Detail (DED) oleh BRG dengan mekanisme pengerjaan Pembangunan Sekat Kanal melalui sistem swakelola oleh kelompok masyarakat.

Lebih lanjut, Nazir Foead menjelaskan antara tahun 2015 – 2018 Pulau Rupat mengalami kebakaran lahan dan hutan dibeberapa lokasi, oleh karena itu Badan Restorasi Gambut berupaya untuk melaksanakan kegiatan Restorasi Gambut yang nantinya akan dilakukan oleh Tugas Pembantuan Provinsi Riau.

Usai melakukan peninjauan di Kelurahan Pergam, Bupati Bengkalis, Melalui Pelaksana Tugas Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bengkalis bersama Kepala BRG kembali melanjutkan perjalanan darat yang menempuh jarak lebih kurang tiga kilo meter dengan mengendarai sepeda motor menuju Kelurahan Terkul.

Kehadiran rombongan didua lokasi Pembangunan Infrastrutur Pembahasan Gambut (RI) Sekat Kanal dan Pemberdayaan Revitalisasi Ekonomi Masyarakat (R3) disambut oleh kelompok masyarakat (POKMAS) Tani Bunga Raya yang bergerak dalam usaha penanaman Budidaya Nanas dan Kelompok Masyarakat Harapan Baru Pembangunan Sekat Kanal.

Kegiatan itu dibenarkan Plt. Kepala Bappeda Kabupaten Bengkalis Yuhelmi, Sabtu (12/10/2019). Yuhelmi mengatakan, jika progam sekat kanal dari BRG ini langsung dihadiri BRG RI. 

"Kegiatan itu juga BRG bersama sejumlah OPD lingkup Pemkab Bengkalis mendampingi dan turut menanam bibit durian," katanya.

Selain Plt Kepala Bappeda Kabupaten Bengkalis Yuhelmi, hadir dalam kegiatan itu Camat Rupat, Khairunnazri, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bengkalis, Jamaluddin, Kepala Balitang Kabupaten Bengkalis, Ermi Julian Harnis, Kapolsek Rupat, Masrial, Danramil Rupat, Sagino.

Di akhir kegiatan dilakukan pula peninjauan Pembangunan Sekat Kanal yang sedang dibangun oleh Pokmas. kar