Se Kecamatan Siak Hulu

TK Bina Karya Ikuti Peragaan Manasik Haji


riaupotenza.com
Foto bersama Kepala TK Bina Karya (Kerudung Hijau, tengah) Persilawati SPd, Majelis guru dan orangtua murid usai memperagakan kegiatan manasik haji se - Kecamatan Siak Hulu (Rima Melati)

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Taman kanak-kanak (TK) Bina Karya yang terletak di Desa Pangkalan Baru, Kecamatan Siak Hulu, Kampar ikuti manasik haji, Sabtu (12/10/2019) pagi di Lapangan Batalyon Arhanud Kaharudin Nasution, Marpoyan Damai.

Murid TK Bina Karya ini kompak mengenakan pakaian ihram layaknya seperti jamaah haji sungguhan, yang dikuti 26 murid. Seluruh anak TK dikumpulkan di lapangan untuk mengikuti rangkaian kegiatan manasik haji. Kegiatan ini dimulai pukul 08 : 00 Wib hingga selesai.

Peragaan manasik haji diawali dengan melempar jumroh, sa'i dan tawaf mengeliling miniatur kab'bah yang diletakkan di tengah lapangan. Anak-anak TK yang menjadi peserta dalam kegiatan ini tampak senang mengikuti rangkaian demi rangkaian manasik haji yang dilaksanakan oleh IGTK Siak Hulu ini.

Kepala sekolah TK Bina Karya, Perlisawati SPd mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan dalam pembentukan karakrer anak tentang ibadah haji. Sehingga harus dikenalkan kepada anak-anak sejak dini. Sebab ibadah haji merupakan rukun islam yang ke lima. Kata Perlisawati, Minggu (13/10/2019). 

"Untuk menanamkan dalam pikiran bawah sadar anak, bahwa anak-anak ini harus bisa menunaikan ibadah haji dengan suasana yang kira-kira mirip dengan apa yang mereka lakukan saat ini," katanya lagi.

Selain itu, perlisawati menjelaskan lebih jauh, kegiatan manasik haji ini kita ikuti agar anak-anak TK Bina Karya memiliki cita-cita untuk bisa menunaikan naik haji. "Kegiatan ini merupakan bagian dari tugas kita menanamkan karakter keislaman ke dalam diri anak-kita," katanya.

Perlisawati juga mengutarakan rasa terima kasih kepada anak anak dan orang tua yang sudah ikut mensukseskan kegiatan manasik haji ini, dan terutama bagi anak anak yang non muslim yg sudah memberikan semangat dan dorongan kepada teman temannya. rim