Dibidani Oleh Komunitas Seni Rumah Sunting

Di Hari Puisi, Para Penyair Masuk Sekolah


riaupotenza.com
Presiden Penyair Indonesia Sutardji Calzoum Bachri dan Presiden Penyair Perempuan Indonesia Kunni Masrohanti yang juga Pimpinan Komunitas Seni Rumah Sunting.

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Perayaan Hari Puisi Indonesia di Riau tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini, ada satu agenda ke sekolah, yakni penyair masuk sekolah. SMA Islam As-Shofa merupakan sekolah yang dipilih.

Hari Puisi yang dirayakan 4-6 Oktober tersebut melibatkan puluhan penyair dari berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara. Antara lain, Malaysia, Vietnam, Jakarta, Banten, Jawa Barat, Palembang, Kepri, Medan, Sumbar dan masih banyak lainnya. Kegiatan di As Shofa diwarnai dengan pembacaan puisi, dialog dan peninjaun pustaka sekolah.

Dialog dengan ratusan pelajar SMA As-Shofa ini diberi nama Sehari Bersama Sutardji Calzoum Bachri, sesuai dengan spanduk besar yang membentang di aula lantai II tempat acara berlangsung. Memang, kedatangan Sutardji ke sekolah ini sudah direncanakan dan dinanti, tepatnya sejak Kepala Sekolah bertemu dengan pimpinan Komunitas Seni Rumah Sunting, Kunni Masrohanti dalam kegiatan Takjil Puisi, Ramadan sebelumnya. 

''Perayaan hari puisi di sekolah ini pernah dilaksanakan tahun 2015, tapi puisi masuk sekolah. Tahun ini beda nama, yakni penyair masuk sekolah. Ini penting supaya anak-anak kenal dengan penyair nasional dan internasional. Ini sudah direncanakan memang, tepatnya sejak saya bertemu dengan Kepala Sekolah ramadan lalu. Beliau ingin pustaka SAMA Islam As-Shofa ini bernama Sutardji Calzoum Bachri. Alhamdulillah, berkat kerjasama yang baik, kami bisa membawa Sutardji ke SMA As-Shofa, tentu bersama penyair lainnya,'' beber Kunni. 

Dialog pun terjadi. Cukup lama. Kegiatan yang dimulai pukul 15.00 tersebut baru selesai menjelang magrib. Sutardji langsung menjadi pemantik bersama Ketua Umum Yayasan dan Kunni sendiri.

Ketua Umum Yayasan As Shofa, Dr H Syafwi Khalil dan Kepala SMA Islam As-Shofa Hj Eli Agustina MPd, menyampaikan eluan dan rasa bangga atas hadirnya penyair-penyair internasional ke SMA  As-Shofa terssebut. ''Kami menunggu kedatangan Pak Sutarfji bersama penyair internasional dengan bangga. Kami sangat bangga dan senang. Alhamdulillah akhirnya tercapai juga. Semoga menjadi berkah dan penyemangat bagi anak-anak kami,'' kata Elly, Kepala Sekolah As Shofa. rpz