Pimpinan DPRD Riau Ucapkan Sumpah dan Janji

Usai Dilantik, Indra Gunawan Eet Janji Segera Bentuk AKD


riaupotenza.com

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau akhirnya resmi memiliki pimpinan DPRD Riau defenitif, Senin (7/10/2019).

Defenitifnya pimpinan DPRD Riau itu ditandai dengan penyerahan palu oleh pimpinan sementara, H Sukarmis kepada Indra Gunawan Eet dalam rapat paripurna pengucapan sumpah/janji pimpinan DPRD masa jabatan 2019-2024. Pembacaan sumpah jabatan yang dipandu oleh Ketua Pengadilan Tinggi.  

Adapun empat pimpinan yang dilantik ini masing-masing dijabat oleh Indra Gunawan Eet (Golkar) sebagai ketua DPRD Riau, dan Zukri Misran (PDIP), Asri Auzar (Demokrat) serta Hardianto (Gerindra) sebagai wakil ketua DPRD Riau.  


Sukarmis menjelaskan, bahwa tugas yang dititipkan kepadanya selaku ketua DPRD Riau sementara sudah berjalan dengan baik, dimana ia hanya bertugas dengan merampungkan susunan fraksi, dan pembahasan Tatib DPRD Riau.  

"Bilamana di dalam menjadi pimpinan sementara belum dapat penuhi keinginan semua pihak, kami minta maaf, masih banyak yang bisa kita benahi bersama," kata Sukarmis.  

Sementara Ketua DPRD Riau, Indra Gunawan Eet mengatakan, bahwa pihaknya akan segera menyelesaikan tugas dan kewajibannya sebagai wakil rakyat.  

Salah satunya membahas ranperda APBD 2020 yang batas akhirnya tinggal 1,5 bulan lagi, tepatnya 30 November 2018.  

"Pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD) seperti Badan Anggaran (Banggar), Badan Musyawarah (Banmus), Badan Kehormatan (BK), Badan Legislasi (Banleg) dan komisi akan digesa. Sebab, masih ada ranperda APBD 2020 yang telah menunggu. Sempitnya waktu yang tersisa akan kami gunakan untuk menyelesaikan tugas-tugas ini," kata Eet.  

Sementara Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengajak pimpinan DPRD Riau masa jabatan 2019-2024 bersinergi membangun Riau lima tahun kedepan.

"Keberadaan pimpinan DPRD menjadi penting dan strategis dalam melaksanakan pemerintah dan pembangunan daerah. Karena itu saya atas nama Pemprov Riau menyambut baik atas ditetapkannya pimpinan DPRD Riau," kata mantan Bupati Siak dua periode tersebut.

Syamsuar mengatakan, pimpinan DPRD merupakan jembatan penghubung antara Pemda dengan anggota DPRD melalui mekanisme konsultasi.

"Kami yakin tugas menjadi jembatan penghubung itu tidak sulit bagi pimpinan DPRD, karena Pemprov dan DPRD Riau memiliki visi yang sama dalam menjalankan pemerintahan dan pembangunan daerah sebagaimana tertuang dalam RPJMD Riau periode 2019-2024," ujarnya.

Menurutnya, cita-cita membawa dan mewujudkan masyarakat yang sejahtera adil dan makmur merupakan cita-cita mulia bersama, sehingga memerlukan hubungan harmonisasi dan sinergisitas dari anggota DPRD Riau, serta seluruh komponen masyarakat.

"Sebagai institusi dalam menjalankan tugas fungsi dan wewenangnya senantiasa berdampingan dengan lembaga-lembaga eksekutif. Karena itu kami menaruh harapan besar bahwa anggota DPRD provinsi Riau 2019 tersebut secara proporsional dan ikut mengawasi penyelenggaraan pemerintahan, serta pelaksanaan pembangunan daerah," harapnya.

"Selain itu kami juga berharap membangun kemitraan yang positif kedua lembaga ini selama lima tahun kedepan, agar terciptanya kemajuan dan kesejahteraan seluruh masyarakat Riau," ungkapnya. adv