Gajah Liar Ditemukan Mati, Perut Robek, Usus Terburai


riaupotenza.com
Inilah gajah liar yang mati dipemukiman warga kelurahan Balai Raja yang ditemukan, Senin (7/10). Mat

PINGGIR (Riaupotenza.com) - Gajah mati ditemukan warga di Kabupaten Bengkalis, Senin (7/10/2019), tepatnya di RT02/RW02, Kelurahan Balai Raja, Kecamatan Pinggir. Saat ditemukan, hewan bertubuh besar itu kondisinya sangat memprihatinkan, perut robek, usus terburai.

Ketua RT 01, Kelurahan Balai Raja, Trimo saat ditemui Riaupotenza mengatakan, hewan yang dilindungi ini oleh negara ini pertama kali oleh marga Tambunan saat ia ingin melihat kebunnya. 

Tampak kondisi hewan berlalai itu sudah terbaring di lumpuran dengan posisi tergeletak tidak bernyawa. Warga yang mengetahui, langsung berbondong-bondong menuju ke TKP dimana gajah liar tersebut mati.

"Informasi awal kita peroleh dari pak Tambunan yang sebelumnya hendak melihat lahan milik pak Marbun yang berada di lokasi dekat penemuan gajah mati tersebut. Selanjutnya informasi tersebut kita teruskan kepihak terkait. Gajah mati itu berada di dalam kanal pembatas kebun milik pak Marbun yang berada di wilayah RT 02 RW 02 Kelurahan Balai Raja Kecamatan Pinggir," terang Trimo.

Sementara terkait dengan adanya temuan gajah mati tersebut, pihak terkait memperoleh keterangan resmi dari pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Riau. Namun dari keterangan para petugas dilapangan menyampaikan, bahwa tim dokter dan yang lainnya sedang dalam perjalanan menuju lokasi penemuan gajah mati.

"Diperkirakan usia gajah betina yang mati tersebut kurang lebih 20 sampai 25 tahun. Dan belum dapat dipastikan penyebab gajah tersebut mati. Dan keterangan resminya, tunggu pimpinan saja mas," ujar Nanang yang petugas dari BBKSD yang berada di wilayah Kecamatan Pinggir. Mat