Khusus Anak Ada Ruang Bermain Steril Asap

Rumah Singgah 'Asap' Masih Dibuka


riaupotenza.com
Anak-anak memanfaat ruang bebas dan fasilitas bermain di rumah singgah korban asap Pemkab Pelalawan.

PELALAWAN (Riaupotenza.com) - Kendati sebagian besar wilayah Kabupaten Pelalawan telah diguyur hujan dan asap semakin hilang serta kualitas udara membaik. Namun tidak serta merta rumah singgah korban asap ditutup. Sampai, Kamis (26/9) masih tetap dibuka. 

''Alhamdulilah kualitas udara semakin membaik. Namun pemerintah  akan tetap membuka posko asap (rumah singgah) sampai udara betul-betul baik,,'' jelas Kaban Bappeda Kabupaten Pelalawan Ir HM Syahrul Syarif MSi, kemarin. 

Malah sebut Syahrul, karena Pemerintah Kabupaten  Pelalawan masih tetap  membuka rumah singgah untuk korban bencana asap, Khusus korban anak disiapkan fasilitas bermain. Dan ini menunjukkan pemerintah tatap konsen  memperhatikan kesehatan masyarakat.

Kaban Bappeda, Syahrul Syarif MSi  yang juga Ketua Tim Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak Pelalawan menyebutkan, rumah singgah sendiri disamping dilengkapi dengan falitas kesehatan dan dokter-dokter spesialis dan khusus anak-anak  juga dilengkapi sarana bermain yang steril dari asap.

''Untuk penampungan dan perawatan korban kabut asap ada dokter spesialis yang siaga. Dan juga disiapkan ruangan khusus bermain anak dengan dilengkapi permainan agar mereka betah,'' terang Syahrul sambil mempersilahkan masyarakat datang di rumah singgah yang berlokasi di Gedung Daerah Datuk Laksamanadiraja Kompleks Perkantoran Bupati Pelalawan, Pangkalan Kerinci.

Kata Syahrul, semua fasilitas yang disiapkan pemerintahan ini juga merupakan bentuk upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak anak sebagaimana menjadi komitmen Kabupaten Layak Anak. amr