Hotspot Berkurang Asap Paling Parah


riaupotenza.com
Asap makin tebal dan terparah sejak sebulan terakhir pada Ahad (22/9/2019). Jalan Maharaja Indra Pangkalan Kerinci.

PANGKALANKERINCI (Riaupotenza.com) - Mentari tak muncul lagi. Bahkan bayangan merahnya entah hilang kemana. Bahkan, langit biru pun tak tampak lagi. Begitulah Ahad (22/9/2019) pagi di ibu kota Kabupaten Pelalawan, Pangkalan Kerinci.

Kendati jumlah hotspot di Kabupaten Pelalawan terus menurun. Tapi jangan senang dulu. Karena justru asap semakin tebal dan makin parah dari hari-hari sebelumnya. Jarak pandang tak sampai 100 meter dan terasa sangat pedih di mata dan membuat sesak pernafasan.

''Rasanya sekarang ini seperti malam hari saja. Padahal baru pukul 09.00 WIB pagi,'' kata Opung, wanita parobaya tukang parkir di Pasar Baru Pangkalan Kerinci hari ini.

Padahal update data hotspot dari BMKG Pekanbaru pukul 06.00 WIB, Ahad (22/9/2019) di Kabupaten Pelalawan hanya menyisakan 21 hotspot saja lagi. 

Semakin pekatnya asap akibat Karhutla juga dikatakan Ketua DPD PKS Kabupaten Pelalawan, Sukaeni, ST. ''Pagi ini asap di Pangkalan Kerinci  terasa makin pekat dan menyesakkan,'' ungkapnya.

Disebutkan Sukaeni, posko korban asap yang disediakan DPD PKS Pelalawan yang seharusnya beroperasi dari pagi pukul 08.00-18.00 WIB mau tidak mau harus melayani pasien hingga malam.

''Pasien yang datang bahkan dari luar kecamatan Pangkalan Kerinci. Pagi ini sebelum posko buka masyarakat sudah menunggu, mohon doa agar tim di Posko yang terbatas tetap diberi kesehatan. In syaa Allah hari ini kami akan rapat evaluasi untuk memberi pelayanan lebih baik,'' ujar Sukaeni.

Sementara untuk Relawan Tagana, Dedi Azwandi juga mengatakan kondisi asap yang kian parah saja.  ''Jarak pandang 100 meter atau lebih kurang dari itu. Makin tebal dan pekat,'' katanya sambil menyebutkan Tagana bersama Baznas Tanggap Bencana Jakarta dan Baznas Pelalawan, Asosiasi Medis Islam Indonesia dari Jakarta, Sedekah Rombongan (SR) dan Yayasan Al Azhar Jakarta Riau mengadakan pengobatan gratis di sejumlah lokasi di Kabupaten Pelalawan.

Terkait rincian  Update hotspot BMKG Pekanbaru, Ahad (22/9) pukul 06.00 WIB untuk level confidence > 50% Sumatera dengan level confidence > 50%=1769 dan Provinsi Riau menyumbang 211 titik, masing-masing Kampar 12, Dumai  6, Kuansing 5, Pelalawan 36, Rohil 25, Rohul 0, Inhil  68, Inhu 45 dan Bengkalis  9 titik.

Sementara untuk Provinsi Riau level confidence > 70 % terpantau 150 titik yang tersebar di beberapa kabupaten yakni Bengkalis  6, Kampar 9, Dumai 6, Kuansing 4, Pelalawan 21, Rohil 19, Inhu 37,Inhil 44 dan Meranti  4 hotspot. amr