Seleksi Pindah Masuk CPNS, Pemko Menunggu Formasi Pusat


riaupotenza.com
Ilustrasi. Net

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Setelah melalui seleksi pindah masuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahap I dan II, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), rencananya bakal menggelar seleksi pindah masuk PNS tahap III.

''Namun kepastian pembukaan seleksi pindah masuk PNS tahap III ini masih menunggu formasi CPNS dari pemerintah pusat,'' kata Kepala BKPSDM Kota Pekanbaru, Masykur Tarmizi melalui Kepala Bidang (Kabid) Mutasi dan Promosi, Fauzan, Kamis (19/9).

Fauzan menyebut, sama pada tahun 2018 lalu, seleksi pindah masuk PNS ke lingkungan Pemko Pekanbaru berdasarkan hasil formasi yang diberikan oleh pemerintah pusat. Jadi berdasarkan hasil formasi dari pusat tersebut pihaknya bisa untuk memetakan mana kualifikasi yang dibutuhkan.

Untuk seleksi pindah masuk PNS tahap I yang dilaksanakan pada awal Mei 2019 lalu, diikuti lebih kurang 58 PNS. Sementara pada seleksi pindah masuk PNS tahap II diikuti sebanyak 83 PNS, dan dinyatakan lolos seleksi sebanyak 72 PNS ke lingkungan Pemko Pekanbaru.

Dijelaskan Fauzan, bahwa untuk mengikuti seleksi pindah masuk ini gratis, tanpa biaya dan mahar apapun. Ia juga menyarankan kepada peserta lebih, agar dapat mengurusnya sendiri tanpa melalui perantara atau calo. 

Bagi PNS yang ingin mengetahui informasi terkait pindah masuk ini, dikatakan Fauzan, dapat melihatnya melalui website resmi BKPSDM Kota Pekanbaru. Namun untuk seleksi tahap III masih menunggu formasi dari pusat. 

Diberitakan sebelumnya, adapun beberapa tahapan seleksi pindah masuk yang wajib diikuti PNS kelingkungan Pemko Pekanbaru yakni, Pertama, pengajuan permohonan sesuai persyaratan. 

Kedua, seleksi administrasi. Ini dilihat dari kelengkapan administrasi persyaratan dan ketersedian formasi sesuai dengan yang dibutuhkan berdasarkan Anjab/ABK dan kualifikasi pendidikan.

Ketiga, uji kompetensi melalui sistem CAT di BKN. Adapun materi tes yakni, Kompetensi Dasar, Visi Misi Walikota Pekanbaru berdasarkan RPJMD Pekanbaru, Test Karakteristik Pribadi atau psikolog. rpz