Kabut Asap, Pelaksanaan Gowes Nusantara Belum Ada Rencana Ditunda


riaupotenza.com
Zulfahmi

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Meski Pekanbaru masih dilanda kabut asap, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Pekanbaru belum berancana untuk menunda pelaksanaan Gowes Nusantara 2019 Estape Pekanbaru Smart City. Pelaksanaan iven bersepeda tersebut akan digelar pada 21-22 September mendatang, di area Mall SKA Pekanbaru. 

"Masih sesuai dengan jadwal, belum ada perubahan. Namun kita harapkan kondisi udara dapat membaik pasca kabut asap ini," kata Kepala Dispora Kota Pekanbaru Zulfahmi Adrian, Rabu (18/9/2019). 

Menurut Zulfahmi, Pasca kabut Asap yang menyelimuti kota Pekanbaru sejak satu bulan yang lalu, memang sedikit mengganggu saat pelaksanaan Gowes nanti. Selain membuat pernapasan terganggu, juga akan membuat stamina para pesepeda terganggu.

Namun diharapkan menjelang pelaksanaan Gowes nanti, kabut asap dapat mulai berkurang. Dan untuk antisipasi dikatakan Zulfahmi, para pesepeda dapat menggunakan masker. 

"Kalau memang masih asap antisipasi kita dapat menggunakan masker. Mudah-mudahan menjelang itu asap menipis," terang Zulfahmi. 

Disampaikannya, hingga saat ini sudah ada seribu lebih goweser dari berbagai daerah di Riau, maupun luar Riau yang mendaftar untuk mengikuti Gowes Nusantara 2019 Etape Pekanbaru Smartcity ini. Dan pendaftaran sendiri dibuka sampai hari H. 

"Peserta yang mendaftar terus bertambah. Sejauh ini, pelaksanaan Gowes Nusantara tetap berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan," ungkapnya. 

Jika sebelumnya start dan finish di Jalan Cut Nyak Dien, untuk tahun ini di buat berbeda Kata Zulfahmi. Tahun ini digelar Start dan finish di areal Komplek Mall SKA Pekanbaru dengan panjang rute 23 kilometer. 

"Untuk rute awalnya dari Mal SKA menuju Jalan Soekarno Hatta, masuk Jalan Riau melewati leighton satu, putar dari chevron. Kemudian, melewati jembatan leighton empat, Jalan Jendral Sudirman, harapan raya dan kembali finish di mall SKA," terangnya. 

Sehari sebelumnya, Dispora juga mengelar serangkaian acara. Mulai dari lomba cosplay, festival band, bazar, kuliner jajanan nusantara, serta pameran expo didalam Mall SKA. Panitia juga menyediakan beberapa hadiah doorprize. rpz