Dana Tak Ada, Operasional Kecamatan Baru Molor


riaupotenza.com
Azwan

PEKANBARU (Riauporenza.com) - Rencana Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru untuk menerapkan dan mengoperasikan beberapa kecamatan baru hasil pemekaran pada awal tahun 2020 nanti dipastikan molor. Pasalnya, Pemko Pekanbaru masih terkendala pada anggaran untuk pemekaran kecamatan tersebut. 

"APBD kita sudah ketok palu. Sementara untuk pemekaran kecamatan dibutuhkan anggaran infrastruktur dan lain-lain. Mungkin tidak sesuai dengan arahan Pak Wali dapat beroperasi pada awal tahun nanti," kata Asisten I Setdako Pekanbaru Azwan, Selasa (17/9/2019). 

Azwan menyebutkan, pembahasan pemekaran kecamatan telah dirapatkan dalam internal Pemko Pekanbaru beberapa waktu lalu. Dari pertimbangan dan mengingat anggaran sudah disahkan dengan nilai yang minim Pemko Pekanbaru terpaksa menunda beberapa waktu peng operasional kecamatan baru hingga APBD Perubahan pada tahun 2020 nanti disahkan. 

Sebab APBD Pemko Pekanbaru yang telah disahkan kemarin oleh DPRD tidak ada untuk anggaran biaya pemekaran kecamatan. "Kita juga sudah mengirim surat kepada Menpan RB dan Mendagri untuk menunda sementara. Sambil disiapkan infrastruktur dan SDM untuk mengisi kecamatan hasil pemekaran," terang Azwan. 

Namun dipastikan, sebelum disahkannya APBD Perubahan Pemko Pekanbaru pada bulan Oktober tahun 2020 nanti kecamatan baru hasil pemekaran sudah dapat dioperasikan. 

Seperti diketahui, saat ini ada 12 kecamatan di Kota Pekanbaru. Namun akan dimekarkan menjadi 15 kecamatan dengan penambahan tiga kecamatan baru. 

Nantinya akan ada tiga kecamatan yang dimekarkan. Dua kecamatan pemekaran dari Kecamatan Tampan, yakni Kecamatan Bina Widia dan Kecamatan Tuah Madani. Sementara untuk Kecamatan Tampan sendiri dihapuskan. 

Satu kecamatan pemekaran dari Kecamatan Tenayan Raya, yakni Kecamatan Kulim. Sedangkan dua kecamatan pemekaran Kecamatan Rumbai, yakni Kecamatan Rumbai Barat dan Kecamatan Rumbai Timur.

Selain itu ada juga kecamatan yang berganti nama. Yaitu Kecamatan Rumbai Pesisir berganti nama menjadi Kecamatan Rumbai. rpz