Pekanbaru Diselimuti Kabut Asap, Wako Malah Ke Kanada


riaupotenza.com
Wako Firdaus

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Walikota Pekanbaru Firdaus kembali berangkat ke luar Negeri. Diketahui Firdaus berangkat ke Kanada.

Namun kepergian Firdaus ke luar negeri mendapat banyak sorotan dari masyarakat. Pasalnya orang nomor satu di Pekanbaru itu pergi dengan kondisi Pekanbaru yang saat ini ditengah bencana kabut asap. 

Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru, Mas Irba Sulaiman ketika dikonfirmasi, Senin (16/9/2019) mengatakan, kepergian Firdaus ke luar negeri dalam perjalanan dinas. Walikota Pekanbaru Firdaus MT melakukan perjalanan dinas ke Kanada bersama rombongan ESDM RI. 

Dijelaskan Irba, Walikota Pekanbaru merupakan salah satu delegasi dalam Asean Waste Mission to Canada. Kegiatan itu akan berlangsung selama lima hari. Agenda yang dimulai sejak Senin (16/9) hingga Jum'at (20/9) mendatang ini, untuk menjalin hubungan bisnis dengan penyedia teknologi, pengembang dan kontraktor pengolahan sampah di Kanada.

Irba menyebut dalam surat yang diterima Pemko Pekanbaru, ajang ini adalah hasil kolaborasi antara Kedutaan Besar Kanada, dengan beberapa negara ASEAN yakni Malaysia, Filipina, Singapura, Vietnam dan Indonesia. Ada rangkaian kegiatan dalam kunjungan lapangan, seminar hingga pertemuan business to business. 

Agenda tersebut berlangsung di sejumlah kota yakni Toronto, Montreal dan Vancouver. "Ada 29 perusahaan di Kanada yang berpartisipasi dalam ajang ini. Selain itu, agenda inovasi teknologi di bidang waste to energy juga akan berlangsung," papar Irba. 

Delegasi akan melihat langsung proses pengolahan sampah menjadi energi listrik. Irba juga menjelaskan, keberangkatan Firdaus sudah mendapat persetujuan dari Kementrian Sekretariat Negara RI dan dalam agenda di Kanada tersebut Walikota Pekanbaru tidak dapat diwakilkan. 

Surat yang diterima dari Kementrian Sekretariat Negara RI tertanggal pada Kamis (12/9) lalu. Surat itu menyatakan bahwa pemerintah menyetujui perjalanan dinas luar negeri Walikota Pekanbaru Firdaus ke Kanada. 

"Walikota Pekanbaru juga sudah menghubungi kedubes atau perwakilan RI di Kanada untuk menyamapaikan agenda ini," pungkasnya. 

Ia juga menyampaikan, agenda tersebut juga telah lama direncanakan. Dan bukan serta merta Firdaus meninggalkan Pekanbaru dalam keadaan bencana asap seperti ini. rpz