Sisakan 13 Hotspot, Asap Masih Selimuti Pelalawan


riaupotenza.com
Pegawai Pemkab Pelalawan membagikan ditengah asap yang menyelimuti Pangkalan Kerinci di Jalan Akasia.

PANGKALANKERINCI (Riaupotenza.com) - Asap akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) masih menyelimuti Kabupaten Pelalawan. Namun, Ahad (15/9/2019) asap tampak berkurang. Namun, tetap saja sangat berisiko jika terpapar langsung ke saluran pernapasan dan mata.

Sementara itu, titik panas dan kualitas udara yang dirilis BMKG Pekanbaru pukul 06.00 WIB, Ahad kemarin di Kabupaten yang dipimpin duet HM Harris dan Drs H Zardewan MM titik api dengan level confidence > 50% = 715 terdapat 13 titik dan level confidence > 70 % sebanya 9 titik.

Namun BMKG memastikan bahwa kualitas udara di Kota Pekanbaru khususnya Tidak Sehat. Kondisi yang sama pun hamper dipastikan tidak jauh berbeda dengan yang ada di Kabupaten Pelalawan.

‘’Hari ini sudah mulai agak terang lah daerah kita,’’ kata Nazzar Arnazh, anggota DPRD Pelalawan membeberkan kondisi asap yang sudah mulai menipis jika dibandingkan hari-hari sebelumnya.

Sementara itu, sudah hampir sepekan sekolah-sekolah di semua jenjang di Kabupaten Pelalawan diliburkan. Sampai kemarin belum ada kepastian, kapan para pelajar masuk kembali.

Masih terkait asap, pembagian masker dari berbagai elemen hampir ada tiap harinya.  Di beberapa ruas jalan, mereka menghentikan kendaraan yang lewat dan menyerahkan masker. amr