Soal Blok Rokan dikelola Pertamina

Jon Hendri Hasan: Pemuda Riau jangan Lengah, Kita Punya SDM


riaupotenza.com
Suasana bincang santai di JOm Ngopi Kopi Sedap dengan tema utama peran pemuda Riau untuk kemajuan bangsa.

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Kontrak Karya Blok Rokan segera berakhir tahun 2021, PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) genap 50 tahun mengelola sumur minyak raksasa di Riau itu, sejak 1971 lalu. 

Blok Rokan yang memiliki luas wilayah 6.264 km2, pada 2016 lalu masih mampu menghasilkan minyak hingga 256.000 bph, hampir sepertiga dari total produksi minyak nasional saat ini.

Pemerintah pusat sudah menyerahkan pengelolaannya nanti pada PT Pertamina. Ini terungkap dalam kegiatan Bincang Santai (BISA) dengan tema: Peran Pemuda untuk Kemajuan Riau dan Bangsa, di JOM Ngopi, Jl. Adi Sucipto, Jumat sore (13/9/2019). 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua PW Pemuda Muhammadiyah Riau, Jon Hendri Hasan, Tokoh Pemuda Mandau, Kabupaten Bengkalis, Engki Edison, dan Tokoh Pemuda lainnya. 

Ketua PW Pemuda Muhammadiyah Riau , Jon Hendri Hasan mengatakan, masyarakat Riau memiliki SDM yang memadai, jika anak-anak Riau yang ada disini tidak bisa mengelola. Akan dipanggil anak-anak ahli minyak Riau yang ada di luar negri untuk bisa bekerja dalam pengelolaan blok Rokan. 

"Karena ini bukan minyak yang diolah dari nol. Jadi, saya rasa, anak muda Riau harus bisa bekerja di Pertamina nanti nya. Terutama dalam mengelola blok Rokan," tegasnya. 

Pasalnya, masyarakat asli Riau tidak memiliki banyak kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari sana selama ini.

Dia juga mengatakan Pertamina sudah melakukan kunjungan bersama ke Minas dan Duri, dua lapangan besar Rokan yang berlokasi di Riau. Dalam pertemuan-pertemuannya itu, juga telah difalitasi dan dipantau oleh SKK Migas.

"Jangan kita Pemuda Riau hanya melihat dan menonton saja. SDA kita sudah banyak terserap. Anak muda kita jangan lengah," tegas Jon Hendri. rpz