Sekarang 12, Tahun Depan Pekanbaru Akan Punya 15 Kecamatan


riaupotenza.com
Dr Firdaus

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Wali Kota Pekanbaru, Dr Firdaus ST MT menargetkan bahwa tahun 2020 nanti sudah diterapkan kecamatan baru di Pekanbaru. Hal ini pasca telah disahkannya Ranperda Pemekaran beberapa kecamatan tersebut pada pekan lalu.

Wako Firdaus juga mengatakan pemekaran kecamatan dimulai dari pendistribusian Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada ke kecamatan yang akan dimekarkan. "InsyaAllah tahun 2020 sudah kita terapkan. Kita mulai dengan distribusikan SDM yang ada ke wilayah baru," ujar Firdaus, Selasa (10/9/2019). 

Awalnya pada saat ini ada 12 kecamatan di Kota Pekanbaru. Namun akan dimekarkan menjadi 15 kecamatan dengan penambahan tiga kecamatan baru. 

Nantinya akan ada tiga kecamatan yang dimekarkan. Dua kecamatan pemekaran dari Kecamatan Tampan, yakni Kecamatan Bina Widia dan Kecamatan Tuah Madani. Sementara untuk kecamatan Tampan sendiri dihapuskan. 

Satu kecamatan pemekaran dari Kecamatan Tenayan Raya, yakni Kecamatan Kulim. Sedangkan dua kecamatan pemekaran Kecamatan Rumbai, yakni Kecamatan Rumbai Barat dan Kecamatan Rumbai Timur.

Selain itu ada juga kecamatan yang berganti nama. Yaitu Kecamatan Rumbai Pesisir, berganti nama menjadi Kecamatan Rumbai. 

Dikatakan Firdaus, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan menyiapkan sarana dan prasarana bagi aparatur di kecamatan pemakaran. Selain itu pembangunan infrastruktur juga dinilai perlu dilakukan. Seperti membangun kantor camat yang baru dimekarkan.

Selain itu kata Firdaus, Pemko Pekanbaru sendiri juga akan menanggung beban dalam anggaran biaya pembangunan kantor kelurahan baru dari hasil pemekaran kecamatan tersebut. 

Saat ini saja masih ada kantor lurah yang masih menyewa tempat untuk dijadikan kantor pasca pemekaran kelurahan pada tahun 2016 lalu. Tentunya hal ini akan menjadi PR tersendiri bagi Pemko Pekanbaru pasca pemekaran kecamatan tersebut. rpz