Siswa Sekolah di Pelalawan 'Liburan Asap'


riaupotenza.com
Kabut asap yang semakin tebal di Pelalawan.

PANGKALANKERINCI (Riaupotenza.com) - Kuatir dampak buruk asap yang kian tebal, akhirnya Pemkab Pelalawan mengambil kebijakan meliburkan aktivitas belajar mengajar di sekolah. Libur sekolah diluar skedul pendidikan ini berlangsung selama dua hari 11-12 September untuk semua jenjang pendidikan, terutama TK hingga SMP. 

Bahkan jadwal libur dadakan ini bisa saja diperpanjang jika kondisi asap semakin memburuk. ''Tadi siang diputuskan Pak Bup, bahwa siswa di Kabupaten Pelalawan pada semua tingkatan diliburkan11-12 September,'' jelas Sekda, Selasa (10/11/2019) sambil menyebutkan sekolah yang diliburkan mulai TK, SD, SMP sederajat. 

Sekda Tengku Mukhlis menyebutkan, diliburkannya pelajar guna menghindari dampak buruk asap terhadap anak didik dari penyakit seperti ISPA dan penyakit lainnya.

Meski libur di sekolah lanjut Sekda yang sebelumnya sudah menggelar rapat bersama Disdik dan OPD terkait lainnya, namun pelajar tidak dibenarkan bebas berkeliaran di luar. ''Disarankan untuk tidak bermain diluar, serta guru memberikan pekerjaan rumah untuk anak agar tidak tertinggal materi pelajarannya,'' sebutnya. 

Libur asap itu sendiri lanjut Sekda, Pemda akan meninjau kembali setelah diberlakukan selama 2 hari. apakah diperpanjang atau tidak. ''Nanti setelah dua hari kita evaluasi lagi. Mudah-mudahan asap segera hilang atau paling tidak dalam dua hati semakin berkurang,''harapnya sambil mengatakan keputusan meliburkan sekolah hanya untuk TK sampai SMP sederajat saja, karena tingkat SMA sederajat itu wewenang dari provinsi.

Hal itu juga sambung Tengku Mukhlis sudah diinformasikan oleh Dinas Pendidikan kepada para  koordinator kecamatan dan kepala sekolah. 

Sementara itu asap akibat Karhutla di Kabupaten Pelalawan semakin menebal. Jarak pandang semakin berkurang menjadi 1,5 kilometer. Selain itu, jika terpapar langsung dengan udara yang bercampur partikel asap akan berdampak langsung. Patah terasa pedih, tenggorokan sakit serta bau sisa kebakaran yang cukup menyengat. amr