Puluhan Supir yang Melintasi Jalan Lintas Pekanbaru-Duri Ketakutan, Ini Penyebabnya


riaupotenza.com
Puluhan truk berhenti di pinggir jalan lintas akibat ada petugas jembatan timbangan Balai Raja.

PINGGIR (Riaupotenza.com) - Petugas Jembatan Timbangan Balai Raja dari Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau menggelar razia di Jalan Lintas Pekanbaru-Duri, Rabu (4/9/2019). Melihat adanya razia yang tak jauh dari Jembatan Balai Raja tersebut, membuat puluhan supir truk mau tronton menghentikan mobilnya di pinggir jalan.

Berhentinya mobil tersebut karena diduga takutnya para supir ditilang petugas. Akibatnya, jalan raya tersebut menjadi macet.

Pantauan dilapangan terlihat mulai dari Jembatan Sungai Balai Raja sampai ke lokasi razia tampak berhenti dipinggir jalan lintas Pekanbaru-Duri. Hal ini membuat arus lalulintas menjadi macet akibat puluhan truk ini berhenti di kanan kiri jalan. Truk tersebut akan kembali jalan setelah petugas jembatan timbangan tidak melakukan razia.

Petugas Dinas Perhubungan Provinsi Riau yang bertugas di Timbangan, Zulfan, Rabu (4/9) ditemui di kantornya mengatakan, begitulah kalau petugas sudah melaksanakan razia. Banyak truk yang berhenti melihat ada petugas berdiri dijalan dengan mengarahkan mobil masuk ke jembatan. 

''Jadi setiap sopir yang tidak melengkapi surat-surat kelengkapan kenderaan, baik itu buku KIR maupun surat lainnya maka petugas langsung mengeluarkan surat tilang,'' katanya.

Padahal sudah satu tahun lebih kegiatan sosialisasi tilang ini dilaksanakan. Jadi tidak ada alasan bagi sopir maupun perusahaan untuk tidak melengkapi surat-surat jalan. Semua truk yang melebihi muatan langsung dibongkar. Baik itu muatan kayu maupun kerikil langsung dibongkar sesuai dengan aturan. mat